ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH BANGUN RUANG DITINJUA DARI REPRESENTASI MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 1 UMBULSARI



PERMATASARI, PERMATASARI LIDYA OKTAVIA EKA (2025) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH BANGUN RUANG DITINJUA DARI REPRESENTASI MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 1 UMBULSARI. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[thumbnail of 1. PENDAHULUAN.pdf] Text
1. PENDAHULUAN.pdf

Download (774kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (353kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf

Download (453kB)
[thumbnail of 4. BAB II.pdf] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (719kB) | Request a copy
[thumbnail of 5. BAB III.pdf] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (621kB) | Request a copy
[thumbnail of 6. BAB IV.pdf] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of 7. BAB V.pdf] Text
7. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (330kB) | Request a copy
[thumbnail of 9. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (377kB)
[thumbnail of 10. LAMPIRAN.pdf] Text
10. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah siswa dalam menyelesaikan soal bangun ruang ditinjau dari representasi matematis. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan subjek siswa kelas IX/H SMP Negeri 1 Umbulsari. Data dikumpulkan melalui tes tertulis, wawancara, dan observasi, kemudian dianalisis berdasarkan tahapan pemecahan masalah menurut Polya, yaitu memahami masalah, merencanakan penyelesaian, melaksanakan rencana, dan memeriksa kembali jawaban. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah berdasarkan jenis representasi matematis yang digunakan, yaitu visual, simbolik, dan verbal. Siswa dengan representasi visual cenderung lebih memahami konsep melalui gambar dan diagram, sedangkan siswa dengan representasi simbolik lebih mengandalkan perhitungan matematis. Selain itu, beberapa siswa juga menggunakan representasi verbal dengan menjelaskan langkah-langkah penyelesaian secara lisan atau tertulis. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa representasi matematis berperan penting dalam memengaruhi keberhasilan siswa dalam menyelesaikan masalah bangun ruang.

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
Dosen Pembimbing
FATQURHOHMAN, FATQURHOHMAN
NIDN0711028602
Dosen Pembimbing
AH IMAMAH, AH IMAMAH NURUL
NIDN0712048506

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords/Kata Kunci: Pemecahan Masalah, Bangun Ruang, Representasi Matematis, Tahapan Polya
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics > 515 Analysis
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1)
Depositing User: LIDYA OKTAVIA EKA PERMATASARI | lidyaoktavia3120@gmail.com
Date Deposited: 16 Jun 2025 03:23
Last Modified: 16 Jun 2025 03:23
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/25103

Actions (login required)

View Item View Item