ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH BANGUN RUANG DITINJUA DARI REPRESENTASI MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 1 UMBULSARI
PERMATASARI, PERMATASARI LIDYA OKTAVIA EKA (2025) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH BANGUN RUANG DITINJUA DARI REPRESENTASI MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 1 UMBULSARI. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.
![]() |
Text
1. PENDAHULUAN.pdf Download (774kB) |
![]() |
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (353kB) |
![]() |
Text
3. BAB I.pdf Download (453kB) |
![]() |
Text
4. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (719kB) | Request a copy |
![]() |
Text
5. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (621kB) | Request a copy |
![]() |
Text
6. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
![]() |
Text
7. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (330kB) | Request a copy |
![]() |
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (377kB) |
![]() |
Text
10. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah siswa dalam menyelesaikan soal bangun ruang ditinjau dari representasi matematis. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan subjek siswa kelas IX/H SMP Negeri 1 Umbulsari. Data dikumpulkan melalui tes tertulis, wawancara, dan observasi, kemudian dianalisis berdasarkan tahapan pemecahan masalah menurut Polya, yaitu memahami masalah, merencanakan penyelesaian, melaksanakan rencana, dan memeriksa kembali jawaban. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah berdasarkan jenis representasi matematis yang digunakan, yaitu visual, simbolik, dan verbal. Siswa dengan representasi visual cenderung lebih memahami konsep melalui gambar dan diagram, sedangkan siswa dengan representasi simbolik lebih mengandalkan perhitungan matematis. Selain itu, beberapa siswa juga menggunakan representasi verbal dengan menjelaskan langkah-langkah penyelesaian secara lisan atau tertulis. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa representasi matematis berperan penting dalam memengaruhi keberhasilan siswa dalam menyelesaikan masalah bangun ruang.
ContributionNama Dosen PembimbingNIDN/NIDKDosen PembimbingFATQURHOHMAN, FATQURHOHMANNIDN0711028602Dosen PembimbingAH IMAMAH, AH IMAMAH NURULNIDN0712048506
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords/Kata Kunci: | Pemecahan Masalah, Bangun Ruang, Representasi Matematis, Tahapan Polya |
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics > 515 Analysis |
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1) |
Depositing User: | LIDYA OKTAVIA EKA PERMATASARI | lidyaoktavia3120@gmail.com |
Date Deposited: | 16 Jun 2025 03:23 |
Last Modified: | 16 Jun 2025 03:23 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/25103 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |