ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP BARISAN DAN DERET ARITMATIKA BERDASARKAN GAYA BELAJAR DITINJAU DARI TAKSONOMI SOLO
PUTRI, CAHYA YULIANA (2025) ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP BARISAN DAN DERET ARITMATIKA BERDASARKAN GAYA BELAJAR DITINJAU DARI TAKSONOMI SOLO. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.
![]() |
Text
1. PENDAHULUAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (394kB) |
![]() |
Text
3. BAB I.pdf Download (505kB) |
![]() |
Text
4. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (578kB) | Request a copy |
![]() |
Text
5. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (471kB) | Request a copy |
![]() |
Text
6. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
7. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (485kB) | Request a copy |
![]() |
Text
8. BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (420kB) | Request a copy |
![]() |
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (420kB) |
![]() |
Text
10. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemahaman konsep barisan dan deret aritmatika siswa SMP berdasarkan gaya belajar ditinjau dari taksonomi SOLO. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada pentingnya pemahaman
konsep dalam pembelajaran matematika serta perbedaan gaya belajar yang dimiliki
oleh setiap siswa yang dapat memengaruhi tingkat pemahaman mereka. Taksonomi
SOLO digunakan sebagai kerangka untuk mengklasifikasikan tingkat pemahaman siswa mulai dari level prastruktural hingga extended abstract. Penelitian ini
menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian siswa kelas
VIII SMP Negeri 2 Gambiran. Instrumen yang digunakan meliputi angket gaya
belajar, soal tes barisan dan deret aritmatika, pedoman wawancara, dan lembar
observasi. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan berdasarkan pencocokan hasil tes, lembar observasi, dan
wawancara dengan indikator setiap level dalam taksonomi SOLO. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa pemahaman konsep siswa bervariasi sesuai dengan gaya
belajar masing-masing. Siswa dengan gaya belajar visual cenderung menunjukkan
pemahaman pada level relasional, siswa dengan gaya belajar auditorial
menunjukkan pemahaman pada level relasional dan extended abstract, sementara
siswa dengan gaya kinestetik menunjukkan kecenderungan pada extended abstract.
Penelitian ini menunjukkan bahwa pentingnya memahami gaya belajar dalam
merancang strategi pembelajaran yang mampu meningkatkan pemahaman konsep
matematis siswa secara maksimal.
ContributionNama Dosen PembimbingNIDN/NIDKDosen PembimbingFIRDAUS, HANA PUSPITA EKANIDN0714069002Dosen PembimbingSURYANINGRUM, CHRISTINE WULANDARINIDN0717028302
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords/Kata Kunci: | Pemahaman Konsep, Barisan dan Deret Aritmatika, Gaya Belajar, Taksonomi SOLO |
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics |
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1) |
Depositing User: | VIDI KRESNA PINANDITA | vidikresna06@gmail.com |
Date Deposited: | 18 Jun 2025 04:17 |
Last Modified: | 18 Jun 2025 04:17 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/25136 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |