PENGARUH MEDIA SOSIAL, KREATIVITAS, DAN MOTIVASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KEBERHASILAN USAHA PADA UMKM FOOD & BEVERAGE DI JEMBER
SABRINA, ADELIA ANNISSA MAYA (2025) PENGARUH MEDIA SOSIAL, KREATIVITAS, DAN MOTIVASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KEBERHASILAN USAHA PADA UMKM FOOD & BEVERAGE DI JEMBER. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.
![]() |
Text
PENDAHULUAN.pdf Download (5MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (262kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (364kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (540kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (533kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (724kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (263kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (494kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Keberhasilan usaha merupakan utama dari sebuah perusahaan dimana segala aktivitas yang ada didalamnya ditujukan untuk mencapai suatu keberhasilan. Dalam pengertian umum, keberhasilan menunjukan suatu keadaan yang lebih baik atau unnggul dari pada masa sebelumnya. Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) adalah sektor ekonomi yang memiliki peran penting dalam pertumbuhan ekonomi suatu negara. UMKM umumnya terdiri dari bisnis dengan skala kecil yang dimiliki dan dioperasikan oleh individu atau kelompok kecil. Mereka juga berkontribusi pada perekonomian lokal dengan memproduksi barang dan jasa yang memenuhi kebutuhan masyarakat setempat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Media Sosial, Kreativitas dan Motivasi Kewirausahaan terhadap Keberhasilan Usaha pada pelaku usaha coffee shop di Jember. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan teknik Sampling Jenuh dengan jumlah responden 100 pelaku usaha UMKM di sektor Food & beverage khususnya coffee shop di Jember. Data dikumpulkan melalui kuesioner menggunakan skala likert dan dianalisis menggunakan uji validitas, reliabilitas, regresi linear berganda, serta uji parsial (uji t) dan simultan (uji F). Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Media Sosial, Kreativitas, dan Motivasi Kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keberhasilan usaha. Secara simultan, ketiga variabel tersebut berpengaruh secara signifikan terhadap keberhasilan usaha pada UMKM di sektor food & beverage di Jember. Berdasarkan hasil tersebut, Pelaku UMKM disarankan untuk lebih aktif menggunakan media sosial sebagai sarana promosi. Salah satunya dengan tidak tertinggal oleh sesuatu hal yang sedang trending, sehingga dapat membuat konten kreatif yang mampu menarik perhatian audiens. Selain itu, perlu meningkatkan motivasi kewirausahaan melalui pelatihan atau workshop yang dapat mendukung pengembangan keterampilan manajerial dan pemasaran.
ContributionNama Dosen PembimbingNIDN/NIDKDosen PembimbingFATIMAH, FETINIDN0725057901Dosen PembimbingRAHAYU, JEKTINIDN0711077201
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords/Kata Kunci: | Media Sosial, Kreativitas, Motivasi Kewirausahaan, Keberhasilan Usaha |
Subjects: | 300 Social Science > 380 Commerce, Communications, Transportation > 381 Commerce, Trade |
Divisions: | Faculty of Economics > Department of Management (S1) |
Depositing User: | Adelia Annissa Maya Sabrina | adeliaannissamayasabrina@gmail.com |
Date Deposited: | 06 Aug 2025 01:35 |
Last Modified: | 06 Aug 2025 01:35 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/26318 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |