STRATEGI GURU DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK YASMIN KABUPATEN JEMBER



Zara, Amalia (2025) STRATEGI GURU DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK YASMIN KABUPATEN JEMBER. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[thumbnail of PENDAHULUAN NEW.pdf] Text
PENDAHULUAN NEW.pdf

Download (833kB)
[thumbnail of ABSTRAK KE 2 NEW .pdf] Text
ABSTRAK KE 2 NEW .pdf

Download (257kB)
[thumbnail of BAB 1 NEW .pdf] Text
BAB 1 NEW .pdf

Download (301kB)
[thumbnail of BAB 2 NEW.pdf] Text
BAB 2 NEW.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (327kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3 NEW.pdf] Text
BAB 3 NEW.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (304kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4 NEW .pdf] Text
BAB 4 NEW .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (299kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5 NEW.pdf] Text
BAB 5 NEW.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (268kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 6 NEW.pdf] Text
BAB 6 NEW.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (236kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA NEW.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA NEW.pdf

Download (276kB)
[thumbnail of LAMPIRAN NEW.pdf] Text
LAMPIRAN NEW.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kecerdasan interpersonal merupakan salah satu aspek penting dalam perkembangan sosial-emosional anak usia dini, karena berkaitan dengan kemampuan anak dalam berkomunikasi, memimpin, dan bekerja sama dengan orang lain. Namun, masih banyak guru yang belum secara optimal merancang strategi pembelajaran yang secara khusus menargetkan pengembangan kecerdasan ini. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru dalam mengembangkan kecerdasan interpersonal anak usia 5–6 tahun di TK Yasmin Kabupaten Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan dokumentasi terhadap guru dan kepala sekolah. Analisis data dilakukan dengan mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menggunakan berbagai strategi untuk mengembangkan kecerdasan interpersonal anak, di antaranya melalui kegiatan storytelling, diskusi, penugasan peran, dan proyek kelompok. Strategi tersebut dirancang untuk melatih anak dalam tiga aspek interpersonal, yaitu komunikasi, kepemimpinan, dan kerja sama. Selain itu, kepala sekolah juga berperan dalam mendukung strategi guru melalui fasilitasi dan supervisi.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa strategi yang diterapkan guru terbukti mendukung pengembangan kecerdasan interpersonal anak secara efektif. Saran bagi penelitian selanjutnya adalah melakukan kajian lanjutan yang mengukur ketercapaian aspek interpersonal anak secara kuantitatif atau membandingkan strategi di beberapa lembaga yang berbeda.

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
Dosen Pembimbing
Rachman, Angraeny Unedia
NIDN0727058001
Dosen Pembimbing
-, Misyana
NIDN0706047201

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords/Kata Kunci: Strategi Guru, Kecerdasan Interpersonal, Anak Usia Dini, Pendidikan TK
Subjects: 700 The Art, Entertainment and Sport
700 The Art, Entertainment and Sport > 707 Education, Research & Related Topic
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Early Childhood Education (S1)
Depositing User: Amalia Zara | zararamalia@gmail.com
Date Deposited: 14 Aug 2025 02:02
Last Modified: 14 Aug 2025 02:02
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/26719

Actions (login required)

View Item View Item