STRATEGI GURU DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK YASMIN KABUPATEN JEMBER
Zara, Amalia (2025) STRATEGI GURU DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK YASMIN KABUPATEN JEMBER. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
![]() |
Text
PENDAHULUAN NEW.pdf Download (833kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK KE 2 NEW .pdf Download (257kB) |
![]() |
Text
BAB 1 NEW .pdf Download (301kB) |
![]() |
Text
BAB 2 NEW.pdf Restricted to Repository staff only Download (327kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 3 NEW.pdf Restricted to Repository staff only Download (304kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 4 NEW .pdf Restricted to Repository staff only Download (299kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 5 NEW.pdf Restricted to Repository staff only Download (268kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 6 NEW.pdf Restricted to Repository staff only Download (236kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA NEW.pdf Download (276kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN NEW.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Kecerdasan interpersonal merupakan salah satu aspek penting dalam perkembangan sosial-emosional anak usia dini, karena berkaitan dengan kemampuan anak dalam berkomunikasi, memimpin, dan bekerja sama dengan orang lain. Namun, masih banyak guru yang belum secara optimal merancang strategi pembelajaran yang secara khusus menargetkan pengembangan kecerdasan ini. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru dalam mengembangkan kecerdasan interpersonal anak usia 5–6 tahun di TK Yasmin Kabupaten Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan dokumentasi terhadap guru dan kepala sekolah. Analisis data dilakukan dengan mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menggunakan berbagai strategi untuk mengembangkan kecerdasan interpersonal anak, di antaranya melalui kegiatan storytelling, diskusi, penugasan peran, dan proyek kelompok. Strategi tersebut dirancang untuk melatih anak dalam tiga aspek interpersonal, yaitu komunikasi, kepemimpinan, dan kerja sama. Selain itu, kepala sekolah juga berperan dalam mendukung strategi guru melalui fasilitasi dan supervisi.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa strategi yang diterapkan guru terbukti mendukung pengembangan kecerdasan interpersonal anak secara efektif. Saran bagi penelitian selanjutnya adalah melakukan kajian lanjutan yang mengukur ketercapaian aspek interpersonal anak secara kuantitatif atau membandingkan strategi di beberapa lembaga yang berbeda.
ContributionNama Dosen PembimbingNIDN/NIDKDosen PembimbingRachman, Angraeny UnediaNIDN0727058001Dosen Pembimbing-, MisyanaNIDN0706047201
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords/Kata Kunci: | Strategi Guru, Kecerdasan Interpersonal, Anak Usia Dini, Pendidikan TK |
Subjects: | 700 The Art, Entertainment and Sport 700 The Art, Entertainment and Sport > 707 Education, Research & Related Topic |
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Early Childhood Education (S1) |
Depositing User: | Amalia Zara | zararamalia@gmail.com |
Date Deposited: | 14 Aug 2025 02:02 |
Last Modified: | 14 Aug 2025 02:02 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/26719 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |