MODUL AJAR LITERASI FINANSIAL UNTUK PEMBELAJARAN ANAK USIA 5-6 TAHUN



Fitriani, Fuji (2025) MODUL AJAR LITERASI FINANSIAL UNTUK PEMBELAJARAN ANAK USIA 5-6 TAHUN. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[thumbnail of Halaman Depan.pdf] Text
Halaman Depan.pdf

Download (588kB)
[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf

Download (263kB)
[thumbnail of Bab I.pdf] Text
Bab I.pdf

Download (163kB)
[thumbnail of Bab II.pdf] Text
Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (327kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab III.pdf] Text
Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (298kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab IV.pdf] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (146kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (211kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Literasi finansial merupakan keterampilan penting abad ke-21 yang per dikenalkan sejak usia dini guna membentuk kebiasaan mengelola uang secar bijak dan bertanggung jawab. Namun, di jenjang Pendidikan Anak Usia Din (PAUD), pengenalan literasi finansial masih terbatas, cenderung bergantung pad inisiatif orang tua, dan belum didukung oleh modul pembelajaran yang sistemati serta sesuai tahap perkembangan anak. Laporan ini bertujuan untuk menyusun dar menguji kelayakan Modul Ajar Literasi Finansial bagi anak usia 5-6 tahun, serta mengevaluasi respons guru dan anak terhadap implementasinya.

Modul dikembangkan melalui tahapan perencanaan, penyusunan, validasi ahli, revisi, dan uji coba terbatas di lembaga PAUD. Mengusung pendekatan tematik-integratif berbasis bermain, modul ini memuat materi pengenalan uang, perbedaan kebutuhan dan keinginan, pentingnya menabung, serta nilai karakter seperti hemat, tanggung jawab, dan berbagi. Hasil validasi ahli menunjukkan skor 91,6 (kategori sangat baik), sedangkan uji coba menunjukkan bahwa anak-anak antusias dan mampu memahami konsep dasar literasi finansial. Guru juga memberikan tanggapan positif terhadap struktur modul yang aplikatif dan mendukung perencanaan pembelajaran.

Dapat disimpulkan bahwa modul ini layak digunakan sebagai bahan ajar di PAUD. Laporan ini merekomendasikan integrasi literasi finansial dalam kurikulum serta pelatihan guru, agar pembiasaan finansial dapat dilakukan secara sistematis sejak usia dini.

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
Dosen Pembimbing
Wardhani, Wahju Dyah Laksmi
NIDN0706046703
Dosen Pembimbing
Kusumaningtyas, Nuraini
NIDN0721108101

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords/Kata Kunci: Literasi Finansial, Pendidikan Anak Usia Dini, Modul Ajar, Karakter Anak, Menabung, Kebutuhan dan Keinginan
Subjects: 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Early Childhood Education (S1)
Depositing User: Fuji Fitriani | fujifitriani71@gmail.com
Date Deposited: 22 Aug 2025 06:44
Last Modified: 23 Aug 2025 01:39
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/27128

Actions (login required)

View Item View Item