MODUL AJAR LITERASI FINANSIAL UNTUK PEMBELAJARAN ANAK USIA 5-6 TAHUN
Fitriani, Fuji (2025) MODUL AJAR LITERASI FINANSIAL UNTUK PEMBELAJARAN ANAK USIA 5-6 TAHUN. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.
![]() |
Text
Halaman Depan.pdf Download (588kB) |
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (263kB) |
![]() |
Text
Bab I.pdf Download (163kB) |
![]() |
Text
Bab II.pdf Restricted to Repository staff only Download (327kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Bab III.pdf Restricted to Repository staff only Download (298kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Bab IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (146kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (211kB) |
![]() |
Text
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Literasi finansial merupakan keterampilan penting abad ke-21 yang per dikenalkan sejak usia dini guna membentuk kebiasaan mengelola uang secar bijak dan bertanggung jawab. Namun, di jenjang Pendidikan Anak Usia Din (PAUD), pengenalan literasi finansial masih terbatas, cenderung bergantung pad inisiatif orang tua, dan belum didukung oleh modul pembelajaran yang sistemati serta sesuai tahap perkembangan anak. Laporan ini bertujuan untuk menyusun dar menguji kelayakan Modul Ajar Literasi Finansial bagi anak usia 5-6 tahun, serta mengevaluasi respons guru dan anak terhadap implementasinya.
Modul dikembangkan melalui tahapan perencanaan, penyusunan, validasi ahli, revisi, dan uji coba terbatas di lembaga PAUD. Mengusung pendekatan tematik-integratif berbasis bermain, modul ini memuat materi pengenalan uang, perbedaan kebutuhan dan keinginan, pentingnya menabung, serta nilai karakter seperti hemat, tanggung jawab, dan berbagi. Hasil validasi ahli menunjukkan skor 91,6 (kategori sangat baik), sedangkan uji coba menunjukkan bahwa anak-anak antusias dan mampu memahami konsep dasar literasi finansial. Guru juga memberikan tanggapan positif terhadap struktur modul yang aplikatif dan mendukung perencanaan pembelajaran.
Dapat disimpulkan bahwa modul ini layak digunakan sebagai bahan ajar di PAUD. Laporan ini merekomendasikan integrasi literasi finansial dalam kurikulum serta pelatihan guru, agar pembiasaan finansial dapat dilakukan secara sistematis sejak usia dini.
ContributionNama Dosen PembimbingNIDN/NIDKDosen PembimbingWardhani, Wahju Dyah LaksmiNIDN0706046703Dosen PembimbingKusumaningtyas, NurainiNIDN0721108101
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords/Kata Kunci: | Literasi Finansial, Pendidikan Anak Usia Dini, Modul Ajar, Karakter Anak, Menabung, Kebutuhan dan Keinginan |
Subjects: | 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities |
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Early Childhood Education (S1) |
Depositing User: | Fuji Fitriani | fujifitriani71@gmail.com |
Date Deposited: | 22 Aug 2025 06:44 |
Last Modified: | 23 Aug 2025 01:39 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/27128 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |