Kepuasan Petani Atas Layanan Penyuluh Pertanian Pada Usahatani Cabai Merah Besar (Capsicum annum, L.) Di Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember



Pamadi, Fajar (2025) Kepuasan Petani Atas Layanan Penyuluh Pertanian Pada Usahatani Cabai Merah Besar (Capsicum annum, L.) Di Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[thumbnail of 1. Pendahuluan.pdf] Text
1. Pendahuluan.pdf

Download (888kB)
[thumbnail of 2. Abstrak.pdf] Text
2. Abstrak.pdf

Download (132kB)
[thumbnail of 3. Bab I.pdf] Text
3. Bab I.pdf

Download (42kB)
[thumbnail of 4. Bab II.pdf] Text
4. Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (198kB) | Request a copy
[thumbnail of 5. Bab III.pdf] Text
5. Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (226kB) | Request a copy
[thumbnail of 6. Bab IV.pdf] Text
6. Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (344kB) | Request a copy
[thumbnail of 7. Bab V.pdf] Text
7. Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (50kB) | Request a copy
[thumbnail of 8. Bab VI.pdf] Text
8. Bab VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (538kB) | Request a copy
[thumbnail of 9. Bab VII.pdf] Text
9. Bab VII.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (22kB) | Request a copy
[thumbnail of 10. Daftar Pustaka.pdf] Text
10. Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (263kB) | Request a copy
[thumbnail of 11. Lampiran.pdf] Text
11. Lampiran.pdf

Download (767kB)
[thumbnail of 12. Artikel.pdf] Text
12. Artikel.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (476kB) | Request a copy

Abstract

Kegiatan penyuluhan merupakan bentuk pelayanan jasa penyuluh pertanian kepada petani. Ketidaksesuaian kepentingan (harapan) petani dengan layanan penyuluh dapat mempengaruhi tingkat kepuasan petani. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) tingkat kepentingan (harapan) petani cabai merah besar terhadap layanan penyuluh pertanian, (2) kepuasan petani cabai merah besar terhadap layanan penyuluh pertanian. Populasi penelitian ini adalah 3 kelompok tani yang berjumlah 95 petani, dari jumlah tersebut dihitung menggunakan rumus slovin dengan taraf kesalahan 10%. Sehingga diperoleh sampel sebanyak 49 orang, dengan teknik pengambilan sampel proposional sampling. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Customer Satisfaction Index (CSI) dan Importance Performance Analysis (IPA). Hasil menunjukkan bahwa, (1) atribut layanan berdasarkan tingkat kepentingan menurut penilaian petani dikategorikan sangat penting dengan persentase median skor sebesar 83,02. (2) petani cabai merasa puas berdasar hasil analisis Customer Satisfaction Index (CSI) terhadap atribut layanan penyuluh pertanian, dengan nilai persentase sebesar 68,51% dan nilai tersebut berada pada rentang nilai 61%-80%. Hasil penelitian Importance Performance Analysis (IPA) menunjukkan bahwa terdapat empat belas atribut pada kuadran I (Prioritas Utama), sembilan atribut di kuadran II (pertahankan Posisi), tujuh atribut di kuadran II (Prioritas Rendah), dan tujuh belas atribut pada kuadran IV (Berlebih).

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
Dosen Pembimbing
Hadi, Syamsul
NIDN0715037001
Dosen Pembimbing
Aulia, Anisa Nurina
NIDN0705039103

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords/Kata Kunci: CSI, IPA, Kepentingan, Penyuluhan
Subjects: 600 Technology and Applied Science
600 Technology and Applied Science > 630 Farm, Farming
600 Technology and Applied Science > 630 Farm, Farming > 635 Garden Crops, Horticulture, Vegetables
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agribusiness (S1)
Depositing User: Fajar Pamadi | fajarpamadi1@gmail.com
Date Deposited: 21 Aug 2025 03:41
Last Modified: 21 Aug 2025 03:41
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/27208

Actions (login required)

View Item View Item