Kepuasan Petani Atas Layanan Penyuluh Pertanian Pada Usahatani Cabai Merah Besar (Capsicum annum, L.) Di Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember
Pamadi, Fajar (2025) Kepuasan Petani Atas Layanan Penyuluh Pertanian Pada Usahatani Cabai Merah Besar (Capsicum annum, L.) Di Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
![]() |
Text
1. Pendahuluan.pdf Download (888kB) |
![]() |
Text
2. Abstrak.pdf Download (132kB) |
![]() |
Text
3. Bab I.pdf Download (42kB) |
![]() |
Text
4. Bab II.pdf Restricted to Repository staff only Download (198kB) | Request a copy |
![]() |
Text
5. Bab III.pdf Restricted to Repository staff only Download (226kB) | Request a copy |
![]() |
Text
6. Bab IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (344kB) | Request a copy |
![]() |
Text
7. Bab V.pdf Restricted to Repository staff only Download (50kB) | Request a copy |
![]() |
Text
8. Bab VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (538kB) | Request a copy |
![]() |
Text
9. Bab VII.pdf Restricted to Repository staff only Download (22kB) | Request a copy |
![]() |
Text
10. Daftar Pustaka.pdf Restricted to Repository staff only Download (263kB) | Request a copy |
![]() |
Text
11. Lampiran.pdf Download (767kB) |
![]() |
Text
12. Artikel.pdf Restricted to Repository staff only Download (476kB) | Request a copy |
Abstract
Kegiatan penyuluhan merupakan bentuk pelayanan jasa penyuluh pertanian kepada petani. Ketidaksesuaian kepentingan (harapan) petani dengan layanan penyuluh dapat mempengaruhi tingkat kepuasan petani. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) tingkat kepentingan (harapan) petani cabai merah besar terhadap layanan penyuluh pertanian, (2) kepuasan petani cabai merah besar terhadap layanan penyuluh pertanian. Populasi penelitian ini adalah 3 kelompok tani yang berjumlah 95 petani, dari jumlah tersebut dihitung menggunakan rumus slovin dengan taraf kesalahan 10%. Sehingga diperoleh sampel sebanyak 49 orang, dengan teknik pengambilan sampel proposional sampling. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Customer Satisfaction Index (CSI) dan Importance Performance Analysis (IPA). Hasil menunjukkan bahwa, (1) atribut layanan berdasarkan tingkat kepentingan menurut penilaian petani dikategorikan sangat penting dengan persentase median skor sebesar 83,02. (2) petani cabai merasa puas berdasar hasil analisis Customer Satisfaction Index (CSI) terhadap atribut layanan penyuluh pertanian, dengan nilai persentase sebesar 68,51% dan nilai tersebut berada pada rentang nilai 61%-80%. Hasil penelitian Importance Performance Analysis (IPA) menunjukkan bahwa terdapat empat belas atribut pada kuadran I (Prioritas Utama), sembilan atribut di kuadran II (pertahankan Posisi), tujuh atribut di kuadran II (Prioritas Rendah), dan tujuh belas atribut pada kuadran IV (Berlebih).
ContributionNama Dosen PembimbingNIDN/NIDKDosen PembimbingHadi, SyamsulNIDN0715037001Dosen PembimbingAulia, Anisa NurinaNIDN0705039103
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords/Kata Kunci: | CSI, IPA, Kepentingan, Penyuluhan |
Subjects: | 600 Technology and Applied Science 600 Technology and Applied Science > 630 Farm, Farming 600 Technology and Applied Science > 630 Farm, Farming > 635 Garden Crops, Horticulture, Vegetables |
Divisions: | Faculty of Agriculture > Department of Agribusiness (S1) |
Depositing User: | Fajar Pamadi | fajarpamadi1@gmail.com |
Date Deposited: | 21 Aug 2025 03:41 |
Last Modified: | 21 Aug 2025 03:41 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/27208 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |