PREFERENSI DAN KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP KOPI BUBUK KAHYANGAN PERUMDA PERKEBUNAN KAHYANGAN JEMBER



AFFANDI, RHEINALD AFFANDI (2025) PREFERENSI DAN KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP KOPI BUBUK KAHYANGAN PERUMDA PERKEBUNAN KAHYANGAN JEMBER. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[thumbnail of 1. PENDAHULUAN.pdf] Text
1. PENDAHULUAN.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (705kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf

Download (780kB)
[thumbnail of 4. BAB II.pdf] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (743kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of 6. BAB IV (1)-2-10.pdf] Text
6. BAB IV (1)-2-10.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (878kB) | Request a copy
[thumbnail of 7. BAB V.pdf] Text
7. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (642kB) | Request a copy
[thumbnail of 8. BAB VI.pdf] Text
8. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (936kB) | Request a copy
[thumbnail of 9. BAB VII.pdf] Text
9. BAB VII.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (624kB) | Request a copy
[thumbnail of 10. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (661kB)
[thumbnail of 11. LAMPIRAN.pdf] Text
11. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kopi merupakan komoditas perkebunan yang memiliki nilai ekonomis tinggi dan menjadi bagian penting dalam perekonomian daerah. Kabupaten Jember memiliki potensi besar dalam industri kopi, salah satunya melalui Perumda Perkebunan Kahyangan yang memproduksi kopi bubuk dari varietas robusta. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis preferensi dan kepuasan konsumen terhadap kopi bubuk Kahyangan. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner kepada 35 responden. Data dianalisis menggunakan metode Customer Satisfaction Index (CSI) dan uji Chi-Square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa preferensi dan kepuasan konsumen terhadap kopi bubuk Kahyangan termasuk dalam kategori “puas” dengan nilai CSI masing-masing sebesar 72,79% dan 72,22%. Atribut dengan nilai tertinggi dalam preferensi adalah rasa (78,28%) dan aroma (77,71%), sedangkan atribut dengan nilai terendah adalah harga (67,42%) dan ketersediaan (66,28%). Uji Chi-Square menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara preferensi dan kepuasan konsumen. Temuan ini diharapkan menjadi masukan bagi Perumda Perkebunan Kahyangan dalam menyusun strategi peningkatan mutu dan pemasaran produk kopi.

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
Dosen Pembimbing
HADI, SYAMSUL
NIDN0715037001
Dosen Pembimbing
FATHIYAH, NURUL
NIDN0707038801

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords/Kata Kunci: Chi-Square, Customer Satisficaion Index (CSI), Kepuasan Konsumen, Kopi bubuk, Preferensi Konsumen.
Subjects: 300 Social Science > 380 Commerce, Communications, Transportation > 381 Commerce, Trade
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agribusiness (S1)
Depositing User: Rheinald Affandi | rerexaff87@gmail.com
Date Deposited: 22 Aug 2025 01:54
Last Modified: 22 Aug 2025 01:54
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/27320

Actions (login required)

View Item View Item