Meningkatkan Kemampuan Sosial Emosional Anak Melalui Kegiatan Bermain Peran Pada Usia 4-5 Tahun Di TK Nurus Sakinah Jember Tahun ajaran 2019-2020



Firdayanti, Hikmah Desi Nur (2020) Meningkatkan Kemampuan Sosial Emosional Anak Melalui Kegiatan Bermain Peran Pada Usia 4-5 Tahun Di TK Nurus Sakinah Jember Tahun ajaran 2019-2020. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[thumbnail of PENDAHULUAN.pdf] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (400kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (707kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (558kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB VI.pdf] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (242kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (340kB)
[thumbnail of LAMPIRAN .pdf] Text
LAMPIRAN .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy
[thumbnail of ARTIKEL.pdf] Text
ARTIKEL.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kemampuan sosial adalah anak memiliki perilaku sikap peduli, mau membantu jika dimintai bantuannya, anak memiliki perilaku sikap sabar. Dan kemampuan emosional adalah anak memiliki perilaku sikap percaya diri, memiliki perilaku taat terhadap aturan sehari-hari,memiliki perilaku sikap rendah hati.
Bermain Peran merupakan pembelajaran yang para pemainnya memainkan peran tokoh-tokoh khayalan maupun nyata dan berkolaborasi untuk merajut sebuah cerita bersama. Para pemain memilih aksi tokoh-tokoh mereka berdasarkan karakteristik tokoh tersebut.
Masalah yang ingin di pecahkan melalui kegiatan ini adalah bagaimana meningkatkan kemampuan sosial dan emosional melalui bermain peran pada anak usia 4-5 tahun di TK Nurus Sakinah Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2019. Penelitian dilakukan untuk mendeskripsikan agar mengetahui bagaimana cara meningkatkan kemampuan sosial dan emosional melalui bermain peran pada anak usia 4-5 tahun di TK Nurrusyakinah.
Jenis penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), prosedur yang di gunakan dalam penelitian ini adalah Studi Pendahuluan, Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, Refleksi. Metode pengumpulan data yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, instrument yang dipakai berupa ceklist observasi dan dokumentasi.
Hasil observasi yang di dapat pada siklus I yaitu 30,76% dan Siklus II 76,9%. Peningkatan hasil observasi siklus I dan siklus II menunjukkan peningkatan kriteria kesuksesan yang telah di tetapkan 64,82%.
Berdasarkan hasil observasi dapat di simpulkan bahwa dengan menggunakan bermain peran meningkatkan kemampuan sosial dan emosional pada anak usia 4-5 tahun di TK Nurus Sakinah Sumbersari Kabupaten Jember, dengan kentuntasan belajar pada siklus II menggunakan bermain peran.

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
Dosen Pembimbing
Jatmikowati, Tri Endang Jatmikowati
nidn195912291988032002
Dosen Pembimbing
Khoiriyah, Khoiriyah
nidn1965112510903523
Dosen Pembimbing
Misyana, Misyana
nidn1503621

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords/Kata Kunci: Kemampuan Sosial dan Emosional, Bermain Peran
Subjects: 300 Social Science
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Early Childhood Education (S1)
Depositing User: Firdayanti Hikmah Desi Nur | cicidesi161@gmail.com
Date Deposited: 15 Feb 2020 03:51
Last Modified: 15 Feb 2020 03:53
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/3573

Actions (login required)

View Item View Item