Firdayanti, Hikmah Desi Nur (2020) Meningkatkan Kemampuan Sosial Emosional Anak Melalui Kegiatan Bermain Peran Pada Usia 4-5 Tahun Di TK Nurus Sakinah Jember Tahun ajaran 2019-2020. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.
Text
PENDAHULUAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (400kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (707kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (558kB) | Request a copy |
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (242kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (340kB) |
|
Text
LAMPIRAN .pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) | Request a copy |
|
Text
ARTIKEL.pdf Download (1MB) |
Abstract
Kemampuan sosial adalah anak memiliki perilaku sikap peduli, mau membantu jika dimintai bantuannya, anak memiliki perilaku sikap sabar. Dan kemampuan emosional adalah anak memiliki perilaku sikap percaya diri, memiliki perilaku taat terhadap aturan sehari-hari,memiliki perilaku sikap rendah hati. Bermain Peran merupakan pembelajaran yang para pemainnya memainkan peran tokoh-tokoh khayalan maupun nyata dan berkolaborasi untuk merajut sebuah cerita bersama. Para pemain memilih aksi tokoh-tokoh mereka berdasarkan karakteristik tokoh tersebut. Masalah yang ingin di pecahkan melalui kegiatan ini adalah bagaimana meningkatkan kemampuan sosial dan emosional melalui bermain peran pada anak usia 4-5 tahun di TK Nurus Sakinah Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2019. Penelitian dilakukan untuk mendeskripsikan agar mengetahui bagaimana cara meningkatkan kemampuan sosial dan emosional melalui bermain peran pada anak usia 4-5 tahun di TK Nurrusyakinah. Jenis penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), prosedur yang di gunakan dalam penelitian ini adalah Studi Pendahuluan, Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, Refleksi. Metode pengumpulan data yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, instrument yang dipakai berupa ceklist observasi dan dokumentasi. Hasil observasi yang di dapat pada siklus I yaitu 30,76% dan Siklus II 76,9%. Peningkatan hasil observasi siklus I dan siklus II menunjukkan peningkatan kriteria kesuksesan yang telah di tetapkan 64,82%. Berdasarkan hasil observasi dapat di simpulkan bahwa dengan menggunakan bermain peran meningkatkan kemampuan sosial dan emosional pada anak usia 4-5 tahun di TK Nurus Sakinah Sumbersari Kabupaten Jember, dengan kentuntasan belajar pada siklus II menggunakan bermain peran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Sosial dan Emosional, Bermain Peran | ||||||||||||
Subjects: | 300 Social Science | ||||||||||||
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Early Childhood Education (S1) | ||||||||||||
Department: | ["eprint_fieldopt_department_KODEPRODI86207#PENDIDIKANGURPENDIDIKANANAKUSIADINI" not defined] | ||||||||||||
Depositing User: | Firdayanti Hikmah Desi Nur | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Contact Email Address: | cicidesi161@gmail.com | ||||||||||||
Date Deposited: | 15 Feb 2020 03:51 | ||||||||||||
Last Modified: | 15 Feb 2020 03:53 | ||||||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/3573 |
Actions (login required)
View Item |