Meningkatkan Perilaku Cinta Lingkungan Melalui Bermain Kooperatif Pada Anak Usia 3-4 Tahun

Atniati, Ika (2020) Meningkatkan Perilaku Cinta Lingkungan Melalui Bermain Kooperatif Pada Anak Usia 3-4 Tahun. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
a. PENDAHULUAN.pdf

Download (823kB)
[img] Text
b. ABSTRAK.pdf

Download (300kB)
[img] Text
c. BAB I.pdf

Download (411kB)
[img] Text
d. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (369kB) | Request a copy
[img] Text
e. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (734kB) | Request a copy
[img] Text
f. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (946kB) | Request a copy
[img] Text
g. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (313kB) | Request a copy
[img] Text
h. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (291kB) | Request a copy
[img] Text
i. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (160kB)
[img] Text
j. LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)
[img] Text
k. ARTIKEL.pdf

Download (772kB)

Abstract

Perilaku cinta lingkungan adalah suatu bentuk tindakan sadar karena rasa peduli terhadap keadaan diluar dirinya baik keadaan alam maupun lingkungan sosialnya. Bermain kooperatif adalah kegiatan menyenangkan yang dilakukan bersama orang lain.Masalah pada penelitian yang ingin dipecahkan adalah bagaimanakah bermain kooperatif meningkatkan perilaku cinta lingkungan pada anak usia 3-4 tahun. Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara meningkatkan perilaku cinta lingkungan pada anak usia 3-4 tahun melalui bermain kooperatif. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April sampai pertengahan bulan Mei 2020. Hipotesis tindakan bahwa bermain kooperatif dapat meningkatkan perilaku cinta lingkungan anak usia 3-4Tahun. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan, pada anak usia 3-4 tahun yang berjumlah 16 anak, metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan berupa pengamatan dari video anak dan hasil dokumentasi kegiatan perilaku cinta lingkungan. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa metode pembiasaan dapat meningkatkan perilaku cinta lingkungan anak dari 16 anak terdapat 13 anak yang meningka perilaku cinta lingkungan, dari perhitungan tersebut dapat diketahui peningkatan secara klasikal mencapai 81,25% yang berarti perilaku cinta lingkungan anak telah mencapai kriteria kesuksesan. Indikator yang digunakan yaitu anak mampu membuang sampah pada tempatnya, anak mampu menjaga tanaman, anak mampu menanam tanaman, anak mampu menghemat air. Hal ini dapat disimpulkan bahwa bemain kooperatif dapat meningkatkan perilaku cinta lingkungan anak usia 3-4 tahun. Berdasarkan hasil pembahasan dan kesimpulan, maka saran yang diberikan oleh peneliti adalah orang tua untuk meningkatkan perilaku cinta lingkungan anak dengan bermain kooperatif menggunakan berbagai ragam permainan sehingga anak tidak bosan dan menambah wawasan anak. Karena perkembangan perilaku tidak terbentuk secara instan namun perlu proses panjang untuk mencapainya. Pahami cara bermain anak dan sisipkan pengetahuan diantara permainan tersebut serta jadilah tauladan yang baik untuk anak kita.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 300 Social Science > 370 Education > 372 Elementary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Early Childhood Education (S1 - Undergraduate Thesis)
Depositing User: Atniati Ika
Date Deposited: 27 Jul 2020 01:31
Last Modified: 27 Jul 2020 01:32
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/5260

Actions (login required)

View Item View Item