Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Kurikulum 2013 Di SMPN 1 Tempurejo

putri, claudia kurnia (2020) Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Kurikulum 2013 Di SMPN 1 Tempurejo. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
a. PENDAHULUAN.pdf

Download (546kB)
[img] Text
b. ABSTRAK.pdf

Download (99kB)
[img] Text
c. BAB I.pdf

Download (201kB)
[img] Text
d. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (403kB) | Request a copy
[img] Text
e. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (249kB) | Request a copy
[img] Text
f. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (315kB) | Request a copy
[img] Text
g. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (395kB) | Request a copy
[img] Text
h. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (104kB) | Request a copy
[img] Text
i. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (105kB)
[img] Text
j. LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
k. ARTIKEL.pdf

Download (349kB)

Abstract

ABSTRAK Claudia, Kurnia P. 2020. Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Kurikulum 2013 di SMPN 1 Tempurejo. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Unversitas Muhammadiyah Jember. Pembimbing (1) Dina Merdeka Citraningrum, M.Pd. (2) Agus Milu Susetyo, M.Pd. Kata Kunci : Pembelajaran, Kurikulum 2013 Perubahan atau pengembangan kurikulum menunjukkan bahwa sistem pendidikan itu dinamis. Jika sistem pendidikan tidak ingin terjebak dalam stagnasi, semangat perubahan perlu terus dilakukan dan merupakan suatu keniscayaan. Guru adalah faktor penting dalam perubahan kurikulum, karna guru dituntut untuk menjadi guru profesional pada kurikulum 2013. Guru juga harus menguasai kompetensi profesionalisme guru. Pemasalahan yang muncul dari latar belakang (1) bagaimana langkah-langkah pembelajaran Bahasa Indonesia pada kurikulum 2013 di SMPN 1 Tempurejo, (2) bagaimana sumber belajar yang digunakan pada kurikulum 2013 di SMPN 1 Tempurejo, dan (3) bagaimana media pembelajaran yang digunakan pada kurikulum 2013 di SMPN 1 Tempurejo. Tujuan peneliti adalah untuk mendeskripsikan tentang pembelajaran bahasa Indonesia pada kurikulum 2013. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif. Menggunakan penelitian kualitatif karna data-data yang diperoleh adalah data berupa bentuk kata-kata, gambar dan hasil analisis. Tempat penelitian di SMPN 1 Tempurejo, pada tanggal 9 Maret 2020. Teknik pengumpulan data adalah teknik observasi awal, wawancara dan dokumentasi. Instrumen penelitian adalah peneliti selaku instumen utama, dan instumen bantu berupa lembar observasi awal, lembar wawancara dan lembar dokumentasi. Data dalam penelitian dianalisis dengan klasifikasi data yaitu reduksi, penyajian data, dan verifikasi data. Teknik pengujian kesahihan data menggunakan perpanjang pengamatan. Hasil penelitian ini adalah deskripsi tentang pembelajaran bahasa Indonesia pada kurikulum 2013. Pembelaaran tersebut meliputi langkah-langkah pembelajaran, sumber belajar, dan media pembelajaran. kegiatan langkah-langkah pembelajaran meliputi kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup. Sumberbelajar yang digunakan oleh guru adalah buku paket dan buku pendamping atau buku LKS. Media pembelajaran yang digunakan adalah media visual dan audio dikarenakan lokasi yang berada diwilayah pinggiran, sehingga pembelajaran yang dimiliki terbatas. Setiap pembelajaran memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Hal ini dapat diketahui dari hasil wawancara dan dokumentasi berupa RPP. Berdasarkan hasil tersebut, simpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran bahasa Indonesia sudah terlaksana sesuai dengan kurikulum 2013. Hal ini dikarenakan langkah-langkah pembelajaran yang diterapkan oleh guru saat proses pembelajaran, sumber belajar yang digunakan, dan media pembelajaran yang digunakan saat proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities
300 Social Science > 370 Education > 374 Adult Education
800 Literature and Rhetoric > 807 Education and Research of Literatures
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1)
Depositing User: Putri Claudia Kurnia
Date Deposited: 01 Oct 2020 01:55
Last Modified: 01 Oct 2020 01:55
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/5958

Actions (login required)

View Item View Item