Hubungan Implementasi Full Day School Dengan Aktivitas Belajar Siswa Di Sma Negeri Rambipuji Pecoro

Ayu Fadilah, Erni (2019) Hubungan Implementasi Full Day School Dengan Aktivitas Belajar Siswa Di Sma Negeri Rambipuji Pecoro. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
Artikel Erni.pdf

Download (1MB)
[img] Text
1. ABSTRAK (new).pdf

Download (771kB)
[img] Text
Pendahuluan.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1 (revisi).pdf

Download (475kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (502kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (920kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (950kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (338kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (539kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (546kB)
[img] Text
0 Tulisan Lampiran.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kata Kunci: Full day school, Aktivitas belajar siswa Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, akhlak mulia dan lainnya. Full day school merupakan sekolah umum yang memadukan sistem pengajaran Islam secara intensif yaitu dengan penambahan waktu khusus untuk pendalamaan keagamaan siswa, sehingga dalam proses belajar dibutuhkannya suatu aktivitas belajar siswa karena belajar tanpa adanya suatu aktivitas tidak mungkin proses belajar mengajar berlangsung dengan baik. Rumusan masalah dalam penelitian ini apakah ada hubungan implementasi full day school dengan aktivitas belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan implementasi full day school dengan aktivitas belajar siswa. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasi sederhana. Analisis hasil penelitian yang dipakai adalah menggunakan program IBM SPSS Statistics 22 dengan rumus korelasi product moment sederhana. Adapun responden yang digunakan dalam penelitian ini 84 peserta didik, dengan menggunakan instrumen pengumpulan data yakni metode angket atau kuesioner dengan jumlah butir pertanyaan masing-masing variabel 10 butir pertanyaan, yang telah diuji hasil validitas dan reliabilitasnya. Dengan rumus perhitungan sampel menggunakan slovin dengan margin error 5% dengan skala linkert. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai validitas r-hitung lebih besar dari r-tabel. Adapun reliabilitas variabel x memiliki nilai alpha 0,475 kategori cukup, sedangkan variabel y sebesar 0,707 dikategorikan reliabel. Hasil olah data penelitian masuk kategori linear dan normal. Adapun hasil analisis korelasi dengan rumus product moment didapat hubungan implementasi full day school dengan aktivitas belajar siswa dengan nilai 0,400 dalam artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa hubungan implementasi full day school dengan aktivitas belajar siswa dikatakan cukup dengan nilai korelasi 0,400.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 200 Religious
200 Religious > 297 Islam, Babism, Bahai Faith
Divisions: Faculty of Islamic Religion > Department of Islamic Education (S1)
Department: S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dinda Novitasari
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDAgus Setiawan, Baharnidn0717087802
UNSPECIFIEDTamami, Badrutnidn#
Date Deposited: 05 Oct 2020 03:28
Last Modified: 05 Oct 2020 03:28
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/6136

Actions (login required)

View Item View Item