MANFAAT KEGIATAN ESTRAKURIKULER TEATER DALAM MEMBANGUN KARAKTER KEPERCAYAAN DIRI SISWA DI SMA NEGERI 1 GLENMORE

Noviyara, Icha (2019) MANFAAT KEGIATAN ESTRAKURIKULER TEATER DALAM MEMBANGUN KARAKTER KEPERCAYAAN DIRI SISWA DI SMA NEGERI 1 GLENMORE. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (216kB)
[img] Text
ABSTRAKSASI.pdf

Download (113kB)
[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (278kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (132kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (257kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (141kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (120kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (516kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (278kB)

Abstract

Noviyara, Icha. 2019. Manfaat Kegiatan Ekstrakurikuler Teater Dalam Membangun Karakter Kepercayaan Diri Siswa di SMA Negeri 1 Glenmore. Skripsi, Program Studi Bahasa, Sastra Indonesia dan Bahasa Daerah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jember. Pembimbing: (1) Dr. Hanafi, M. Pd (2) Agus Milu Susetyo, M. Pd Kata Kunci: Ekstrakurikuler Teater, kepercayaan diri, SMA Negeri 1 Glenmore, wawancara, siswa, sampel Dalam proses pendidikan manusia memperoleh bimbingan, pengalaman, pengertian, serta pandangan yang menyebabkan seorang berfikir lebih maju. Pemberian bimbingan, kecakapan dan pengetahuan kepada peserta didik yang merupakan proses belajar mengajar itu dilakukan oleh guru di sekolah dengan mnggunakan metode tertentu. Dalam membangun karakter kepercayaan diri peserta didik banyak tempat atau wadah sebagai program yang dijalankan demi menunjang proses pendidikan. Salah satu wadah dalam membangun karakter kepercayaan diri siswa yaitu kegiatan ekstrakurikuler. Masalah dalam penelitian ini adalah apakah kegiatan ekstrakurikuler teater merupakan bentuk motivasi dalam meningkatkan semangat belajar, Bagaimana karakter kepercayaan diri siswa yang ikut serta kegiatan Ekstrakurikuler teater dengan yang tidak, Bagaimana konsep kegiatan Ekstrakurikuler teater, dan bagaimana pembentukan karakter kepercayaan diri pada kegiatan ekstrakurikuler teater. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan beberapa masalah yang telah di paparkan di atas. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Sasaran pada penelitian ini adalah siswa atau anggota tetaer SMA Negeri 1 Glenmore. Tempat penelitian di SMA Negeri 1 Glenmore, pada bulan April sampai bulan Agustus 2019. Teknik pengumpulan data adalah teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Intrumen dalam penelitian adalah peneliti selaku intrumen utama, dan instrument bantu berpa tabulasi data. Data dalam penelitian dianalisis dengan metode analisis data interaksi, yang dalam hal ini komponen data dilakukan bersamaan dengan proses pengumpulan data. Hasil analisis data menunjukkan bahwa dalam membangun karakter kepercayaan diri siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler teater di SMA Negeri 1 Glenmore, Pembina ekstrakurikuler tetaer berupaya untuk mengadakan latihan rutin dalam 1 minggu sekali tepatnya dihari rabu agar siswa akan terbiasa dalam berlatih, terutama menjadi sosok yang merasa mampu sehingga dapat tumbuh karakter kepercayaan diri dan pembina menanamkan 8 nilai karakter pada kegiatan ekstrakurikuler teater, yaitu religius, jujur, kreatif, disiplin, percaya diri, mandiri, tanggung jawab dan kebersamaan. Berdasarkan hasil tersebut, simpulan dari peneliti adalah karakter kepercayaan diri siswa dapat terbentuk dam telah memenuhi karena adanya 8 karakter yang dibina dan ditanam oleh pembina.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 800 Literature and Rhetoric > 810 Indonesian Literatures
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1)
Depositing User: rahma wahyu ningsih
Date Deposited: 26 Oct 2020 03:28
Last Modified: 26 Oct 2020 03:28
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/6777

Actions (login required)

View Item View Item