MANFAAT KEGIATAN ESTRAKURIKULER TEATER DALAM MEMBANGUN KARAKTER KEPERCAYAAN DIRI SISWA DI SMA NEGERI 1 GLENMORE



Noviyara, Icha (2019) MANFAAT KEGIATAN ESTRAKURIKULER TEATER DALAM MEMBANGUN KARAKTER KEPERCAYAAN DIRI SISWA DI SMA NEGERI 1 GLENMORE. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[thumbnail of ARTIKEL.pdf] Text
ARTIKEL.pdf

Download (216kB)
[thumbnail of ABSTRAKSASI.pdf] Text
ABSTRAKSASI.pdf

Download (113kB)
[thumbnail of PENDAHULUAN.pdf] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (278kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (132kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (257kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (141kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (120kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (516kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (278kB)
[thumbnail of 1510221003.pdf] Text
1510221003.pdf

Download (219kB)

Abstract

Noviyara, Icha. 2019. Manfaat Kegiatan Ekstrakurikuler Teater Dalam
Membangun Karakter Kepercayaan Diri Siswa di SMA Negeri 1
Glenmore. Skripsi, Program Studi Bahasa, Sastra Indonesia dan Bahasa
Daerah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah
Jember.

Pembimbing:
(1)
Dr.
Hanafi,

M.
Pd
(2)
Agus
Milu
Susetyo,
M.
Pd

Kata
Kunci:
Ekstrakurikuler
Teater,
kepercayaan
diri,
SMA
Negeri
1
Glenmore,
wawancara,
siswa,
sampel

Dalam
proses
pendidikan
manusia
memperoleh
bimbingan,

pengalaman,
pengertian,
serta
pandangan
yang
menyebabkan
seorang
berfikir

lebih
maju.
Pemberian
bimbingan,
kecakapan
dan
pengetahuan
kepada
peserta

didik
yang
merupakan
proses
belajar
mengajar
itu
dilakukan
oleh
guru
di
sekolah
dengan mnggunakan metode tertentu. Dalam membangun karakter kepercayaan
diri peserta didik banyak tempat atau wadah sebagai program yang dijalankan
demi menunjang proses pendidikan. Salah satu wadah dalam membangun
karakter kepercayaan diri siswa yaitu kegiatan ekstrakurikuler.
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah kegiatan ekstrakurikuler
teater merupakan bentuk motivasi dalam meningkatkan semangat belajar,
Bagaimana karakter kepercayaan diri siswa yang ikut serta kegiatan
Ekstrakurikuler teater dengan yang tidak, Bagaimana konsep kegiatan
Ekstrakurikuler teater, dan bagaimana pembentukan karakter kepercayaan diri
pada kegiatan ekstrakurikuler teater. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
dan mendeskripsikan beberapa masalah yang telah di paparkan di atas.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Sasaran pada penelitian ini adalah
siswa atau anggota tetaer SMA Negeri 1 Glenmore. Tempat penelitian di SMA
Negeri 1 Glenmore, pada bulan April sampai bulan Agustus 2019. Teknik
pengumpulan data adalah teknik observasi, wawancara dan dokumentasi.
Intrumen dalam penelitian adalah peneliti selaku intrumen utama, dan instrument
bantu berpa tabulasi data. Data dalam penelitian dianalisis dengan metode analisis
data interaksi, yang dalam hal ini komponen data dilakukan bersamaan dengan
proses pengumpulan data.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa dalam membangun karakter
kepercayaan diri siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler teater di SMA Negeri 1
Glenmore, Pembina ekstrakurikuler tetaer berupaya untuk mengadakan latihan
rutin dalam 1 minggu sekali tepatnya dihari rabu agar siswa akan terbiasa dalam
berlatih, terutama menjadi sosok yang merasa mampu sehingga dapat tumbuh
karakter kepercayaan diri dan pembina menanamkan 8 nilai karakter pada
kegiatan ekstrakurikuler teater, yaitu religius, jujur, kreatif, disiplin, percaya diri,
mandiri, tanggung jawab dan kebersamaan.

Berdasarkan hasil tersebut, simpulan dari peneliti adalah karakter
kepercayaan diri siswa dapat terbentuk dam telah memenuhi karena adanya 8
karakter yang dibina dan ditanam oleh pembina.

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
UNSPECIFIED
Hanafi, Hanafi
nidn0015086701
UNSPECIFIED
Milu Susetyo, Agus
nidn0718088602

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 800 Literature and Rhetoric > 810 Indonesian Literatures
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1)
Depositing User: rahma wahyu ningsih | ningsihrahmawahyu@gmail.com
Date Deposited: 26 Oct 2020 03:28
Last Modified: 18 Feb 2025 06:25
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/6777

Actions (login required)

View Item View Item