ANALISIS KEGIATAN MEMBAWAKAN ACARA SISWA KELAS VIII MTS ASHRI JEMBER TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Dyah Febriyanti Purnamasari, Ita (2019) ANALISIS KEGIATAN MEMBAWAKAN ACARA SISWA KELAS VIII MTS ASHRI JEMBER TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (194kB)
[img] Text
Bab I .pdf

Download (222kB)
[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (437kB)
[img] Text
Bab II .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (260kB)
[img] Text
JURNAL.pdf

Download (579kB)
[img] Text
Bab VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (176kB)
[img] Text
bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (409kB)
[img] Text
bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (558kB)
[img] Text
Bab III .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (292kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (923kB)

Abstract

Purnamasari, Ita Dyah Febriyanti. 2018. Analisisi Kegiatan Membawakan Acara Siswa Kelas VIII MTs ASHRI Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jember. Pembimbing: (1) Yerry Mijianti, S.S.,M.Pd. (2) Agus Milu Susetyo, M.Pd. Kata Kunci: Membawakan acara, siswa kelas VIII MTs ASHRI Jember . Pembawa acara memiliki peran yang penting dalam pelaksanaan sebuah acara, karena kelancaran acara tergantung pada pembawa acara. Kegiatan membawakan acara yang dilaksanakan langsung juga lebih bayak tantanganya dibandingkan dengan berbicara untuk siaran radio atau televisi. Permasalahannya adalah Bagaimanakah penguasaan materi, penguasaan diri, dan penguasaan situasi dalam kegiatan mebawakan acara siswa kelas VIII MTs ASHRI Jember. Tujuannya untuk mendeskripsikan penguasaan materi, penguasaan diri, dan penguasaan situasi dalam kegiatan membawakan acara siswa kelas VIII MTs ASHRI Jember. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah materi, diri, dan situasi siswa saat kegiatan membawakan acara. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs ASHRI Jember yang berjumlah 55 orang, yang terdiri dari 55 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data adalah teknik rekam, teknik simak, dan teknik catat. Instrumen dalam penelitian adalah peneliti selaku instrumen utama, dan instrumen bantu berupa tabulasi data. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan metode analisis data di lapangan model Miles dan Huberman meliputi : (1) reduksi data, (2) display / penyajian data, dan (3) mengambil kesimpulan lalu diverifikasi. Pengecekan keabsahan temuan dalam penelitian ini menggunakan ketekunan pengamatan dan triangulasi sumber. Sumber yang berperan dalam penelitian ini adalah pembawaca acara di pondok pesantren dan Guru Bahasa Indonesia kelas VIII MTs ASHRI Jember. Hasil analisis data menunjukkan penguasaan materi, diri, dan situasi dibagi menjadi beberapa aspek. Penguasaan materi terdiri dari dua aspek, yakni isi yang disampaikan dan pemahaman materi. Penguasaan diri terdiri dari dua aspek, yakni persiapan fisik yang dapat dilihat dari kelancaran berbicara, volume suara, pelafalan, dan intonasi, dan persiapan mental yang dapat dilihat dari tatapan, konsentrasi, dan ekspresi. Penguasaan situasi terdiri dari tiga aspek, yakni pilihan kata, improvisasi, dan kerapian. Berdasarkan hasil tersebut, simpulan dari penelitian ini adalah dalam kegiatan membawakan acara siswa meliputi penguasaan materi yang meliputi dua aspek, penguasaan diri yang meliputi dua aspek, dan penguasaan situasi yang meliputi tiga aspek.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 800 Literature and Rhetoric > 810 Indonesian Literatures
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1)
Department: S1 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: rahma wahyu ningsih
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDMijianti, Yerrynidn0709108101
UNSPECIFIEDMilu Susetyo, Agusnidn0718088602
Date Deposited: 26 Oct 2020 03:43
Last Modified: 26 Oct 2020 03:43
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/6779

Actions (login required)

View Item View Item