PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DENGAN PEMANFAATAN TIK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X MAN 1 JEMBER

Tefa, Krisanti (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DENGAN PEMANFAATAN TIK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X MAN 1 JEMBER. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (486kB)
[img] Text
JURNAL PENELITIAN.pdf

Download (557kB)
[img] Text
cover depan.pdf

Download (268kB)
[img] Text
awalan.pdf

Download (425kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (374kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (365kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (544kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (372kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (705kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (352kB)
[img] Text
Lampiran 1. Matrik Penelitian.pdf

Download (93kB)

Abstract

Tefa, Krisanti. 2019.Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Pemanfaatan TIK Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X MAN 1 Jember. Skripsi, Jurusan Pendidikan MIPA, Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jember. Pembimbing : (1) Dr. Kukuh Munandar, M.Kes (2) Dra. Sawitri Komarayanti, M.S. Kata Kunci : Discovery Learning, Pemanfaatan TIK, Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Pembelajaran dalam kurikulum 2013 revisi 2017, menekankan pada pembelajaran yang mampu mengembangkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Pembelajaran biologi di SMA/MA pada kurikulum 2013 revisi 2017 dituntut efektif agar peserta didik mampu menguasai materi dengan baik. Proses pembelajaran yang efektif akan berhasil dengan baik apabila guru dapat menggunakan model pembelajaran yang tepat dan banyak melibatkan peran aktif siswa. Masalah dalam penelitian ini adalah apakah model pembelajaran discovery learning dengan pemanfaatan TIK berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X MAN 1 Jember?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning dengan pemanfaatan TIK terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X MAN 1 Jember . Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 18 April 2019 di MAN 1 Jember kelas X MIPA 1 dan X MIPA 2. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian adalah eksperimen kuasi, dengan metode pengumpulan data yaitu : (1) dokumentasi, (2) tes uraian, dan (3) observasi keterlaksanaan pembelajaran. Analisis data menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas, uji homogenitas dan dilanjutkan dengan uji hipotesis menggunakan uji Kruskal Wallis Test. Berdasarkan uji Kruskal Wallis hasil penelitian ini menunjukkan bahwa probabilitas atau nilai signifikan adalah 0,000 , artinya ada pengaruh yang signifikan antara peserta didik yang diajarkan menggunakan model pembelajaran discovery learning dengan pemanfaatan TIK dan peserta didik yang diajarkan menggunakan model pembelajaran konvensional terhadap kemampaun berpikir kritis peserta didik. Nilai kemampuan berpikir kritis peserta didik dilihat dari hasil pretest dan posttest. Pada kelas yang diajarkan menggunakan model pembelajaran discovery learning dengan pemanfaatan TIK nilai pretest rata-rata 71,75 sedangkan nilai posttest rata-rata 92,37. Sedangkan pada kelas kontrol yang diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran konvensional nilai pretest rata-rata 76,34 sedangkan nilai posttest rata-rata 84,68.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Biology Education (S1)
Department: S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: rahma wahyu ningsih
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDMunandar, Kukuhnidn0014116401
UNSPECIFIEDKomarayanti, Sawitrinidn0719056302
Date Deposited: 23 Nov 2020 05:42
Last Modified: 23 Nov 2020 05:42
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7018

Actions (login required)

View Item View Item