PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DENGAN PEMANFAATAN TIK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X MAN 1 JEMBER



Tefa, Krisanti (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DENGAN PEMANFAATAN TIK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X MAN 1 JEMBER. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (486kB)
[thumbnail of JURNAL PENELITIAN.pdf] Text
JURNAL PENELITIAN.pdf

Download (557kB)
[thumbnail of cover depan.pdf] Text
cover depan.pdf

Download (268kB)
[thumbnail of awalan.pdf] Text
awalan.pdf

Download (425kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (374kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (365kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (544kB)
[thumbnail of BAB VI.pdf] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (372kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (705kB)
[thumbnail of DAFTAR RUJUKAN.pdf] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (352kB)
[thumbnail of Lampiran 1. Matrik Penelitian.pdf] Text
Lampiran 1. Matrik Penelitian.pdf

Download (93kB)

Abstract

Tefa, Krisanti. 2019.Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dengan
Pemanfaatan TIK Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X
MAN 1 Jember. Skripsi, Jurusan Pendidikan MIPA, Program Studi
Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas
Muhammadiyah Jember.
Pembimbing : (1) Dr. Kukuh Munandar, M.Kes (2) Dra. Sawitri
Komarayanti, M.S.
Kata Kunci : Discovery Learning, Pemanfaatan TIK, Kemampuan Berpikir Kritis
Siswa.
Pembelajaran dalam kurikulum 2013 revisi 2017, menekankan pada
pembelajaran yang mampu mengembangkan kemampuan berpikir kritis peserta didik.
Pembelajaran biologi di SMA/MA pada kurikulum 2013 revisi 2017 dituntut efektif
agar peserta didik mampu menguasai materi dengan baik. Proses pembelajaran yang
efektif akan berhasil dengan baik apabila guru dapat menggunakan model
pembelajaran yang tepat dan banyak melibatkan peran aktif siswa.
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah model pembelajaran discovery
learning dengan pemanfaatan TIK berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis
siswa kelas X MAN 1 Jember?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh
model pembelajaran discovery learning dengan pemanfaatan TIK terhadap
kemampuan berpikir kritis siswa kelas X MAN 1 Jember .
Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 18 April 2019 di MAN 1 Jember
kelas X MIPA 1 dan X MIPA 2. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian
adalah eksperimen kuasi, dengan metode pengumpulan data yaitu : (1) dokumentasi,
(2) tes uraian, dan (3) observasi keterlaksanaan pembelajaran. Analisis data
menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas, uji homogenitas dan dilanjutkan
dengan uji hipotesis menggunakan uji Kruskal Wallis Test.
Berdasarkan uji Kruskal Wallis hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
probabilitas atau nilai signifikan adalah 0,000 , artinya ada pengaruh yang
signifikan antara peserta didik yang diajarkan menggunakan model pembelajaran
discovery learning dengan pemanfaatan TIK dan peserta didik yang diajarkan
menggunakan model pembelajaran konvensional terhadap kemampaun berpikir kritis
peserta didik. Nilai kemampuan berpikir kritis peserta didik dilihat dari hasil pretest
dan posttest. Pada kelas yang diajarkan menggunakan model pembelajaran discovery
learning dengan pemanfaatan TIK nilai pretest rata-rata 71,75 sedangkan nilai posttest
rata-rata 92,37. Sedangkan pada kelas kontrol yang diberi perlakuan menggunakan
model pembelajaran konvensional nilai pretest rata-rata 76,34 sedangkan nilai posttest
rata-rata 84,68.

Contribution
Contributor Name
NIDN/NIDK
UNSPECIFIED
Munandar, Kukuh
nidn0014116401
UNSPECIFIED
Komarayanti, Sawitri
nidn0719056302

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Biology Education (S1)
Depositing User: rahma wahyu ningsih | ningsihrahmawahyu@gmail.com
Date Deposited: 23 Nov 2020 05:42
Last Modified: 23 Nov 2020 05:42
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7018

Actions (login required)

View Item View Item