PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MENULIS PUISI BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK SISWA KELAS X SMA NURIS JEMBER

Fiki Nirwana, Indah (2018) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MENULIS PUISI BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK SISWA KELAS X SMA NURIS JEMBER. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
JURNAL.pdf

Download (202kB)
[img] Text
BAGIAN AWAL.pdf

Download (479kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (168kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (209kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (336kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (432kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (466kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (291kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kata kunci: Pengembangan, modul pembelajaran, menulis puisi, pendekatan kontekstual Pengembangan adalah suatu proses menciptakan atau mengembangkan produk yang akan dihasilkan, baik produk baru atau yang telah ada dengan lebih inovatif dan efektif. Modul pembelajaran adalah salah satu jenis bahan ajar siswa yang dapat digunakan secara mandiri oleh siswa tanpa atau dengan bimbingan guru. Menulis puisi adalah kegiatan mengungkapkan ide, gagasan, dan perasaan dengan kata-kata atau tulisan yang indah, karena menggunakan bahasa kiasan, rima dan pengimajinasian makna yang ingin disampaikan oleh penulis atau penyair. Sedangkan pendekatan kontekstual adalah suatu konsep pembelajaran yang mengaitkan materi atau pengetahuan yang dipelajari dengan pengalaman siswa dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan proses dan kualitas atau kelayakan pengembangan modul pembelajaran menulis puisi berbasis kontekstual untuk siswa kelas X SMA Nuris Jember. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (reseacrch and development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis-Design-DevelopImplement-Evaluate). Jenis data yang dikumpulkan berupa data kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini melalui tiga tahap uji coba, yaitu 1) uji coba ahli terdiri atas uji ahli penyajian, uji ahli materi, uji ahli bahasa, dan uji ahli kegrafikan, 2) uji coba praktisi atau guru bahasa indonesia di SMA Nuris Jember, 3). Uji coba siswa/siswi dalam kelompok kecil dilakukan di kelas X SMA Nuris Jember. Instrumen pengumpulan data menggunakan wawancara, lembar penilaian/validasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik analisis proses yang berupa deskriptif dan analisis kualitas dengan rumus perhitungan persentase. Hasil analisis data menunjukkan nilai skor validasi dari ahli penyajian 88,8 ,dari ahli materi 82,8, dari ahli bahasa 80, dan dari ahli kegrafikan 86,3 dengan kualifikasi sangat layak. Nilai skor validasi dari praktisi/guru 75 dengan kualifikasi layak. Selanjutnya nilai skor kelompok kecil yang diperoleh dari 33 siswa 87,5 dengan kualifikasi sangat layak. Berdasarkan hasil proses pengembangan dan kelayakan dari modul pembelajaran menulis puisi ini, maka dapat diketahui bahwa hasil keseluruhan uji coba mencapai 83,4 %, modul pembelajaran menulis puisi berbasis kontekstual ini tergolong sangat layak dan siap untuk diimplementasikan setelah melakukan beberapa revisi dari saran dan komentar yang diberikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 800 Literature and Rhetoric > 810 Indonesian Literatures
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1)
Department: S1 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: rahma wahyu ningsih
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDMufaridah, Fitrotulnidn0725097602
Date Deposited: 08 Jan 2021 02:04
Last Modified: 08 Jan 2021 02:04
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7716

Actions (login required)

View Item View Item