PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MENULIS PUISI BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK SISWA KELAS X SMA NURIS JEMBER



Fiki Nirwana, Indah (2018) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MENULIS PUISI BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK SISWA KELAS X SMA NURIS JEMBER. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[thumbnail of JURNAL.pdf] Text
JURNAL.pdf

Download (202kB)
[thumbnail of BAGIAN AWAL.pdf] Text
BAGIAN AWAL.pdf

Download (479kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (168kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (209kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (336kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (432kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (466kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (291kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kata kunci: Pengembangan, modul pembelajaran, menulis puisi,
pendekatan kontekstual

Pengembangan adalah suatu proses menciptakan atau mengembangkan
produk yang akan dihasilkan, baik produk baru atau yang telah ada dengan lebih
inovatif dan efektif. Modul pembelajaran adalah salah satu jenis bahan ajar siswa
yang dapat digunakan secara mandiri oleh siswa tanpa atau dengan bimbingan
guru. Menulis puisi adalah kegiatan mengungkapkan ide, gagasan, dan perasaan
dengan kata-kata atau tulisan yang indah, karena menggunakan bahasa kiasan,
rima dan pengimajinasian makna yang ingin disampaikan oleh penulis atau
penyair. Sedangkan pendekatan kontekstual adalah suatu konsep pembelajaran
yang mengaitkan materi atau pengetahuan yang dipelajari dengan pengalaman
siswa dalam kehidupan sehari-hari.
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan
proses dan kualitas atau kelayakan pengembangan modul pembelajaran menulis
puisi berbasis kontekstual untuk siswa kelas X SMA Nuris Jember. Jenis
penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (reseacrch and development)
dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis-Design-DevelopImplement-Evaluate).
Jenis
data
yang
dikumpulkan
berupa
data
kualitatif
dan

kuantitatif.

Penelitian
ini
melalui
tiga
tahap
uji
coba,
yaitu
1)
uji
coba
ahli
terdiri
atas

uji
ahli
penyajian,
uji
ahli
materi,
uji
ahli
bahasa,
dan
uji
ahli
kegrafikan,
2)
uji

coba
praktisi
atau
guru
bahasa
indonesia
di
SMA
Nuris
Jember,
3).
Uji
coba

siswa/siswi
dalam
kelompok
kecil
dilakukan
di
kelas
X
SMA
Nuris
Jember.

Instrumen
pengumpulan
data
menggunakan
wawancara,
lembar
penilaian/validasi

dan
dokumentasi.
Data
yang
diperoleh
dianalisis
dengan
teknik
analisis
proses

yang
berupa
deskriptif
dan
analisis
kualitas
dengan
rumus
perhitungan
persentase.

Hasil
analisis
data
menunjukkan
nilai
skor
validasi
dari
ahli
penyajian
88,8

,dari
ahli
materi
82,8,
dari
ahli
bahasa
80,
dan
dari
ahli
kegrafikan
86,3
dengan

kualifikasi
sangat
layak.
Nilai
skor
validasi
dari
praktisi/guru
75
dengan

kualifikasi
layak.
Selanjutnya
nilai
skor
kelompok
kecil
yang
diperoleh
dari
33

siswa
87,5
dengan
kualifikasi
sangat
layak.

Berdasarkan
hasil
proses
pengembangan
dan
kelayakan
dari
modul

pembelajaran
menulis
puisi
ini,
maka
dapat
diketahui
bahwa
hasil
keseluruhan
uji

coba
mencapai
83,4
%,
modul
pembelajaran
menulis
puisi
berbasis
kontekstual
ini

tergolong
sangat
layak
dan
siap
untuk
diimplementasikan
setelah
melakukan

beberapa
revisi
dari
saran
dan
komentar
yang
diberikan.

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
UNSPECIFIED
Mufaridah, Fitrotul
nidn0725097602

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 800 Literature and Rhetoric > 810 Indonesian Literatures
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1)
Depositing User: rahma wahyu ningsih | ningsihrahmawahyu@gmail.com
Date Deposited: 08 Jan 2021 02:04
Last Modified: 08 Jan 2021 02:04
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7716

Actions (login required)

View Item View Item