PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI SISWA KELAS VII SMP PLUS DARUL HIKMAH TAHUN PELAJARAN 2017/2018 MENGGUNAKAN STRATEGI RECIPROCAL TEACHING

MAYA JUITA, YOULINDA (2018) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI SISWA KELAS VII SMP PLUS DARUL HIKMAH TAHUN PELAJARAN 2017/2018 MENGGUNAKAN STRATEGI RECIPROCAL TEACHING. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (296kB)
[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (565kB)
[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (912kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (265kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (287kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (445kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (574kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (246kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (163kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (11MB)

Abstract

Kata Kunci : Kemampuan Menulis, Teks Laporan Hasil Observasi, Strategi Reciprocal Tecahing. Keterampilan menulis merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang paling kompleks. Keterampilan menulis mengharuskan penguasaan berbagai unsur kebahasaan. Kegiatan menulis juga membutuhkan konsentrasi yang tinggi. Kegiatan menulis menjadikan seseorang mampu mengungkapkan ide dan pikiran. Keterampilan menulis penting bagi siswa, akan tetapi pada kenyataannya disekolah kurang mendapat perhatian dan sering kali diremehkan oleh siswa maupun guru. Permasalahn yang muncul dari latar belakang adalah bagaimanakah strategi reciprocal teaching dapat meningkatkan kualitas hasil pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi pada siswa kelas VII SMP Plus Darul Hikmah dan bagaimanakah strategi reciprocal teaching dapat meningkatkan partisipasi belajar siswa kelas VII SMP Plus Darul Hikmah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi reciprocal teaching dapat meningkatkan kualitas hasil kemampuan menulis teks laporan hasil observasi pada siswa kelas VII SMP Plus Darul Hikmah dan Mendeskripsikan strategi reciprocal teaching dapat meningkatkan partisipasi belajar siswa kelas VII SMP Plus Darul Hikmah. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam II siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMP Plus Darul Hikmah. Variabel dalam penelitian ini yaitu kemampuan menulis teks laporan hasil observasi pada siswa kelas VII SMP Plus Darul Hikmah menggunakan strategi reciprocal teaching. Instrumen penelitian siswa berupa lembar tes tulis, lembar observasi, dan pedoman wawancara. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan kemampuan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Plus Darul Hikmah menggunakan strategi reciprocal teaching. Sebelum dilakukan penelitian tindakan kelas hasil rata-rata menulis teks laporan hassil observasi yaitu 51,75, dan setelah dilakukan penelitian tindakan kelas rata-rata nilai siswa yaitu 88,43.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 800 Literature and Rhetoric > 810 Indonesian Literatures
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1)
Department: S1 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: rahma wahyu ningsih
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDHanafi, Hanafinidn0015086701
UNSPECIFIEDSamsuri, Samsurinidn0705056605
Date Deposited: 12 Jan 2021 03:23
Last Modified: 12 Jan 2021 03:23
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7800

Actions (login required)

View Item View Item