PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI SISWA KELAS VII SMP PLUS DARUL HIKMAH TAHUN PELAJARAN 2017/2018 MENGGUNAKAN STRATEGI RECIPROCAL TEACHING
MAYA JUITA, YOULINDA (2018) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI SISWA KELAS VII SMP PLUS DARUL HIKMAH TAHUN PELAJARAN 2017/2018 MENGGUNAKAN STRATEGI RECIPROCAL TEACHING. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
Text
ABSTRAK.pdf Download (296kB) |
|
Text
ARTIKEL.pdf Download (565kB) |
|
Text
PENDAHULUAN.pdf Download (912kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (265kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (287kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (445kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (574kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (246kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (163kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (11MB) |
Abstract
Kata Kunci : Kemampuan Menulis, Teks Laporan Hasil Observasi, Strategi
Reciprocal Tecahing.
Keterampilan menulis merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang
paling kompleks. Keterampilan menulis mengharuskan penguasaan berbagai
unsur kebahasaan. Kegiatan menulis juga membutuhkan konsentrasi yang tinggi.
Kegiatan menulis menjadikan seseorang mampu mengungkapkan ide dan pikiran.
Keterampilan menulis penting bagi siswa, akan tetapi pada kenyataannya
disekolah kurang mendapat perhatian dan sering kali diremehkan oleh siswa
maupun guru.
Permasalahn yang muncul dari latar belakang adalah bagaimanakah
strategi reciprocal teaching dapat meningkatkan kualitas hasil pembelajaran
menulis teks laporan hasil observasi pada siswa kelas VII SMP Plus Darul
Hikmah dan bagaimanakah strategi reciprocal teaching dapat meningkatkan
partisipasi belajar siswa kelas VII SMP Plus Darul Hikmah. Tujuan penelitian ini
adalah untuk mendeskripsikan strategi reciprocal teaching dapat meningkatkan
kualitas hasil kemampuan menulis teks laporan hasil observasi pada siswa kelas
VII SMP Plus Darul Hikmah dan Mendeskripsikan strategi reciprocal teaching
dapat meningkatkan partisipasi belajar siswa kelas VII SMP Plus Darul Hikmah.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan
dalam II siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMP Plus Darul
Hikmah. Variabel dalam penelitian ini yaitu kemampuan menulis teks laporan
hasil observasi pada siswa kelas VII SMP Plus Darul Hikmah menggunakan
strategi reciprocal teaching. Instrumen penelitian siswa berupa lembar tes tulis,
lembar observasi, dan pedoman wawancara.
Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan kemampuan menulis
teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Plus Darul Hikmah
menggunakan strategi reciprocal teaching. Sebelum dilakukan penelitian tindakan
kelas hasil rata-rata menulis teks laporan hassil observasi yaitu 51,75, dan setelah
dilakukan penelitian tindakan kelas rata-rata nilai siswa yaitu 88,43.
ContributionContributor NameNIDN/NIDKUNSPECIFIEDHanafi, Hanafinidn0015086701UNSPECIFIEDSamsuri, Samsurinidn0705056605
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 800 Literature and Rhetoric > 810 Indonesian Literatures |
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1) |
Depositing User: | rahma wahyu ningsih | ningsihrahmawahyu@gmail.com |
Date Deposited: | 12 Jan 2021 03:23 |
Last Modified: | 12 Jan 2021 03:23 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7800 |
Actions (login required)
View Item |