MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA MELALUI MEDIA BIG BOOK PADA ANAK KELOMPOK B TK DHARMA WANITA SUMBEREJO TAHUN AJARAN 2017/2018

Setiyowati, Anis (2018) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA MELALUI MEDIA BIG BOOK PADA ANAK KELOMPOK B TK DHARMA WANITA SUMBEREJO TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (466kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (271kB)
[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (328kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (289kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (323kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (429kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (528kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (289kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (164kB)
[img] Text
lampiran-lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kata Kunci : Kemampuan Membaca, Media Big Book. Kemampuan Membaca pada penelitian ini adalah kemampuan anak untuk menyusun huruf, membaca huruf yang disusun dan menghubungkan gambar dengan kata menggunakan media Big Book. Media Big Book pada penelitian ini adalah suatu media penunjang proses pembelajaran yang terbuat dari bahan triplek kayu berbentuk buku, terdapat gambar dari kain flannel warna warni, terdapat kartu kata dan kartu huruf dari kertas karton. Masalah penelitian yang ingin dipecahkan melalui kegiatan adalah Bagaimana Meningkatkan kemampuan membaca anak melalui media Big Book pada anak kelompok B di TK Dharma Wanita Sumberejo Tahun Ajaran 2017/2018? Penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara meningkatkan kemampuan membaca anak melalui media Big Book. penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 21 Juni 2018 sampai tanggal 26 Juni 2018 pada anak kelompok B TK DHARMA WANITA Sumberejo. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara dengan guru. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh hasil belajar anak, meningkat selama pembelajaran menggunakan media Big Book untuk meningkatkan kemampuan membaca anak. peningkatan terlihat 10 anak berkembang baik. Perhitungan tersebut dapat diketahui hasil observasi anak kelompok B dalam meningkatkan kemampuan membaca anak melalui media Big Book diperoleh 83,33% dari studi pendahuluan sebanyak 2 anak 16,67% yang berarti kemampuan membaca anak tercapai.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1)
Depositing User: rahma wahyu ningsih
Date Deposited: 12 Jan 2021 04:11
Last Modified: 12 Jan 2021 04:11
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7808

Actions (login required)

View Item View Item