Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Subpokok Bahasan Persegipanjang Dan Persegi Kelas VII SMP PGRI 2 Tempurejo

Fasrija, Moh. Rifki (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Subpokok Bahasan Persegipanjang Dan Persegi Kelas VII SMP PGRI 2 Tempurejo. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
artikel.pdf

Download (419kB)
[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (600kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (470kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (296kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (445kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (609kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (349kB)
[img] Text
BAB V .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (390kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (83kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini diantaranya adalah guru masih menggunakan metode ceramah di mana metode itu mengakibatkan siswa kurang tertarik dalam pembelajaran matematika, cepat merasa bosan, takut dalam berpendapat atau bertanya, dan pasif dalam pembelajaran. Salah satu upaya mengaktifkan siswa dalam proses pembelajaran adalah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa VII SMP PGRI 2 Tempurejo. Masalah dalam penelitian ini adalah (1) apakah ada pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick terhadap kemampuan berpikir kritis pada subpokok bahasan persegipanjang dan persegi kelas VII PGRI 2 Tempurejo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pengaruh antar model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick terhadap kemampuan berpikir kritis pada subpokok bahasan persegipanjang dan persegi kelas VII PGRI 2 Tempurejo. Jenis penelitian ini yaitu penelitian ekspermen, metode penelitian eksperimen dapat diartikan sebagai metode penelitian yang digunakan untuk mencari pengaruh perlakuan tertentu terhadap yang lain dalam kondisi yang terkendalikan. Peneliti menggunakan empat metode pengumpulan data diantaranya, yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwa ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Hal ini diperoleh nilai signifikan = 0.003 dengan nilai α=0,05/2=0,025. Dikarenakan nilai signifikan 0,000 < 0,025, maka Ho ditolak. Kesimpulan penelitian ini adalah ada pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick terhadap kemampuan berpikir kritis pada subpokok bahasan persegipanjang dan persegi kelas VII PGRI 2 Tempurejo. KATA KUNCI : talking stick, berpikir kritis

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics
500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1)
Depositing User: Dinda Novitasari
Date Deposited: 14 Jan 2021 02:48
Last Modified: 14 Jan 2021 02:48
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7833

Actions (login required)

View Item View Item