Analisis Berfikir Kreatif Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gaya Kognitif Field Independent

Alifah, Novinda (2018) Analisis Berfikir Kreatif Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gaya Kognitif Field Independent. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (340kB)
[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (250kB)
[img] Text
14. ABSTRAK.pdf

Download (310kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (370kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (619kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (716kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (469kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (439kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (7MB)

Abstract

Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah proses berfikir kreatif siswa SMP Negeri 1ajung Kelas VII A dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari gaya kognitif field independent? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses berfikir kreatif siswa SMP Negeri 1 Ajung Kelas VII A dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari gaya kognitif field independent. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan pada siswa SMP Negeri 1 Ajung kelas VII A tahun ajaran 2017/2018. Jumlah subjek penelitian ini menggunakan 3 orang siswa yang bergaya kognitif field independent. Selanjutnya dilaksanakan tes proses berfikir kreatif pada tanggal 30 Juli 2018. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data, yaitu: teknik tes dan wawancara. Instrumen pada penelitian ini yaitu: peneliti, lembar validasi, instrumen penentuan gaya kognitif Group Embedded Figure Test (GEFT), instrumen tes kemampuan berfikir kreatif, dan instrumen pedoman wawancara. Teknik pengecekan keabsahan data pada Triangulasi dalam penelitian ini menggunakan triangulasi teknik karena peneliti melihat proses berfikir kreatif antara hasil tes dan hasil wawancara. Peneliti juga menggunakan triangulasi sumber data yaitu untuk membandingkan serta memeriksa data wawancara dari subjek yang berbeda dalam satu jenis gaya kognitif yang sama. Hasil penelitian menunjukan bahwa: siswa FI1, FI2, dan FI3 merupakan siswa yang berfikir kurang kreatif. Karena siswa FI1, FI2,dan FI3 hanya memenuhi dua indikator saja yaitu fluency dan flexibility. Keterkaitannya dengan gaya kognitif field independent siswa mampu menganalisis permasalahan dengan analitis dan siswa juga mampu mendeteksi pola yaitu dengan kemampuan siswa menyelesaikan masalah secara beragam, dan mengunakan dua cara yang berbeda. Pada kategori berfikir kreatif novelty siswa tidak memenuhi karakteristik gaya kognitif field independent yaitu siswa tidak menganalisis penyelesaian masalah dengan baik, siswa juga tidak mendektesi pola penyelesaian masalah dengan baik karena siswa tidak menemukan ide atau cara baru yang digunakan. Kata kunci: Berfikir Kreatif, Pemecahan Masalah, Gaya Kognitif, Gaya Kognitif Field Independent.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics
500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1)
Department: S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Dinda Novitasari
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDJatmikowati, Tri Endangnidn0029125901
UNSPECIFIEDKusuma, Yoga Dwi Windinidn#
Date Deposited: 14 Jan 2021 03:09
Last Modified: 14 Jan 2021 03:09
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7838

Actions (login required)

View Item View Item