“MENINGKATAN KREATIFITAS ANAK KELOMPOK BERMAIN DENGAN FINGERPAINTING DI TK AL-IKHLAS JEMBER TAHUN PELAJARAN 2017/2018”

Kurnia Pratiwi, Ratri (2018) “MENINGKATAN KREATIFITAS ANAK KELOMPOK BERMAIN DENGAN FINGERPAINTING DI TK AL-IKHLAS JEMBER TAHUN PELAJARAN 2017/2018”. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (661kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (230kB)
[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (498kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (455kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (358kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (642kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (454kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (254kB)
[img] Text
BAB 6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (221kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kata Kunci : Kreativitas. Finger painting Kreativitas adalah kemampuan untuk menghasilkan sesuatu yang lebih kreatif atau berbeda dari yang sebelumnya, oleh karena itu kreativitas sangat penting dikembangkan sejak dini. Salah satu mengembangkan kreativitas adalah dengan menggunakan Finger Painting karena finger painting merupaka kegaiatan yang menyenangkan, selain mengenalkan warna pada anak , finger painting juga memberikan kesempatan pada anak untuk mengembangkan imajinasinya. Masalah penelitian yang ingin dipecahkan melalui kegiatan adalah Apakah Melalui Finger Painting Dapat Meningkatkan Kreativitas Pada Anak Kelompok Bermain di Tk/Al IKHLAS Jember Tahun Ajaran 2017-2018. Penelitian dilakukan untuk mengetahui apakah kemampuan kreativitas anak kelompok bermain dapat meningkat melalui finger painting sekaligus untuk mengambangkan kreativitas anak dalam menciptakan gambar sesuai imajinasi dan membuat kombinasi baru Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Observasi dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan berupa aktifitas anak dan hasil pembelajaran disekolah. Berdasarkan hasil observasi dapat disimpulkan bahwa kreativitas anak melalui finger painting dapat berkembang secara optimal. Hai ini dibuktikan dengan adanya peningkatan belajara dimana pada siklus I mendapat prosentase 57% sedangkan pada siklus II, yang mendapat prosentase 85% , sehingga sudah memenuhi ketuntasan klasikal. Hal ini berarti kegiatan finger painting dapat meningkatkan kreativitas anak Kelompok Bermain di TK AL-IKHLAS Jember tahun ajaran 2017- 2018.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Early Childhood Education (S1)
Depositing User: rahma wahyu ningsih
Date Deposited: 15 Jan 2021 03:01
Last Modified: 15 Jan 2021 03:01
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7867

Actions (login required)

View Item View Item