MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA ANAK TK A MELALUI KEGIATAN BERMAIN BALOK DI SEKOLAH LABORATORIUM PAUD YASMIN JEMBER TAHUN AJARAN 2017/2018

Mayasari, Indah (2018) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA ANAK TK A MELALUI KEGIATAN BERMAIN BALOK DI SEKOLAH LABORATORIUM PAUD YASMIN JEMBER TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (217kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (159kB)
[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (477kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (192kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (287kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (331kB)
[img] Text
bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (876kB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (448kB)
[img] Text
Bab VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (169kB)
[img] Text
matrik.pdf

Download (180kB)

Abstract

Kata kunci : keterampilan berpikir kritis, bermain balok. Bermain Balok digunakan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis anak, karena pada kegiatan bermain balok anak di berikan kesempatan untuk terlibat langsung didalam kegiatan pembelajaran secara aktif dan melatih anak untuk mendapatkan konsep – konsep ilmu pengetahuan secara mandiri. Masalah yang ingin dipecahakan melalui tindakan penelitian adalah bagaimana bermain balok dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis anak pada kelompok A di di Labaoratorium Paud Yasmin Jember Tahun Ajaran 2017/2018. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas, metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, test dan wawancara. Data yang dikumpulkan berupa aktivitas anak selama kegiatan bermain balok. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa bermain balok dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis anak secara klasikal dari 15 anak terdapat 13 anak yang berkembang keterampilan berpikir kritisnya secara individual dan 2 anak yang mulai berkembang keterampilan berpikir kritisnya. Dari perhitungan tersebut dapat diketahui perkembangan ketrampilan berpikir kritis anak secara klasikal yang diperoleh 86,66% yang berarti perkembangan keterampilan berpikir kritis anak secara klasikal tercapai. Hal ini berarti kegiatan bermain balok dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis anak pada kelompok A di di Labaoratorium Paud Yasmin Jember.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Early Childhood Education (S1)
Depositing User: rahma wahyu ningsih
Date Deposited: 15 Jan 2021 03:15
Last Modified: 15 Jan 2021 03:15
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7872

Actions (login required)

View Item View Item