Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Picture and Picture di SMP Muhammadiyah 9 Watukebo

Fitriana, Rizka (2017) Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Picture and Picture di SMP Muhammadiyah 9 Watukebo. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (611kB)
[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
1. ABSTRAK B.INDONESIA.pdf

Download (722kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (520kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (397kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (736kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (418kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (292kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (187kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang dilaksanakan, berdasarkan hasil observasi yang menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas VII c di sekolah SMP Muhammadiyah 9 Watukebo masih rendah. Hal ini dikarenakan metode mengajar guru yang dominan menggunakan ceramah tanpa ada selingan metode lain yang bisa membuat siswa menjadi semangat belajar, sehingga menjadikan siswa kurang bersemangat. Sebagian siswa bermalas-malasan dan merasa bosan. Siswa kurang termotivasi, aktif dan inovatif, maka dari itu peneliti berinovasi menerapkan metode pembelajaran Picture and picture. Proses penelitian ini menggunakan tindakan kelas bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar kelas VII c SMP Muhammadiyah 9 Watukebo dengan menggunakan metode pembelajaran Picture and picture yaitu pada tahun pelajaran 2017-2018. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII c SMP Muhammadiyah 9 Watukebo yang berjumlah 36 siswa. Hasil penelitian terhadap hasil belajar siswa menunjukkan adanya peningkatan dari tahap siklus I dimana siklus I dengan keterangan 24 siswa yang tuntas 71% yang sebelumnya pada observasi pra siklus dengan keterangan 14 siswa yang tuntas 38,88 %. Dan pada siklus ke II mengalami kenaikan hingga 29 siswa yang tuntas 88,7 % . Hal ini menunjukan bahwa metode pembelajaran Picture and picture mampu meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII c di SMP Muhammadiyah 9 Watukebo. Dari hasil rumusan masalah yang ada, maka dapat diambil kesimpulan : bahwa hasil belajar siswa dapat meningkat melalui proses penerapan metode pembelajaran picture and picture pada siswa, dikarenakan adanya semangat yang tinggi dari siswa untuk belajar aktif dalam pembelajaran dimana guru memberikan gambar dan permasalahan pada tiap siswa dengan tujuan supaya siswa antusias menanggapi materi dan berdiskusi satu sama lain, sehingga guru tinggal memupuk terus semangat yang sudah ada dalam diri sebagian siswa dalam pembelajaran, siswa mampu mengerti dan memahaminya dan menjadikan siswa lebih aktif dan termotivasi dalam belajar, antusias dalam diskusi, menjawab soal dan memberikan tanggapan pada teman lainnya. Meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII c SMP Muhammadiyah 9 Watukebo tahun pelajaran 2017 – 2018. Hal ini dapat dilihat pada penelitian, yakni peningkatan dari siklus I ke siklus II.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, metode Picture and picture
Subjects: 200 Religious
200 Religious > 297 Islam, Babism, Bahai Faith
Divisions: Faculty of Islamic Religion > Department of Islamic Education (S1)
Depositing User: Dinda Novitasari
Date Deposited: 08 Mar 2021 02:18
Last Modified: 08 Mar 2021 02:18
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/8760

Actions (login required)

View Item View Item