Peran Guru Pendidikan Agama Islam Memotivasi dalam Pembelajaran Di MTs Baitul Hikmah Jember

Apriyanto, Wijaya (2020) Peran Guru Pendidikan Agama Islam Memotivasi dalam Pembelajaran Di MTs Baitul Hikmah Jember. Undergraduate thesis, universitas muhammadiyah jember.

[img] Text
a. Pendahuluan.pdf

Download (944kB)
[img] Text
b. Abstrak fix.pdf

Download (331kB)
[img] Text
c. BAB I.pdf

Download (262kB)
[img] Text
d. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (216kB) | Request a copy
[img] Text
e. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (270kB) | Request a copy
[img] Text
f. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (293kB) | Request a copy
[img] Text
g. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (195kB) | Request a copy
[img] Text
h. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (184kB) | Request a copy
[img] Text
i. DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (183kB)
[img] Text
j. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (911kB) | Request a copy
[img] Text
K. ARTIKEL.pdf

Download (657kB)

Abstract

Pembelajaran PAI merupakan pendidikan yang didasarkan ajaran islam untuk dipedomi dalam praktik pendidikan, dalam PAI sekurang-kurangnya dapat menyediakan teori mengenai pendidikan masyarakat, dan pendidikan disekolah. Dalam proses pembelajaran, guru mempunyai tugas untuk mendorong, membimbing, dan memberi fasilitas belajar bagi siswa untuk mencapai tujuan. Data yang digunakan pada pengamatan ini yaitu murid, dan guru PAI disekolah di MTs Baitul Hikmah Jember. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pengamatan, wawancara, dan dokumeentasi. Istrumen yang digunakan peneliti berupa observasi pengamatan kegiatan, wawancara kepada guru Pendidikan Agama Islam, dan dokumen berupa arsip dan foto. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan dua tekhnik yaitu perpanjangan pengamatan dan triangulasi.Hasil penelitian ini yaitu ada beberapa cara yang dilakukan oleh guru pendidikan agama islam untuk menumbuhkan dan membangkitkan siswa dalam aktifitas belajar yakni: (a) memberikan tugas dan praktik. (b) mengembangkan sikap positif dalam pembelajaran. (c) memberikan hadiah untuk meningkatkan motivasi siswa. (d) memberi bimbingan. (e) memberi perhatian yang menyeluruh kepada siswa (tidak pilih kasih). (f) memberi penilaian. (g) menciptakan suasana kelas yang menyenangkan. (h) memberikan contoh tauladan terhadap siswa. Kata kunci: Guru PAI, siswa, dan motivasi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 200 Religious > 297 Islam, Babism, Bahai Faith > 297.5 Islamic Ethics and Religious Experience, Life, Practice > 297.56 Specific Vices, Virtues, Moral Issues
Divisions: Faculty of Islamic Religion > Department of Islamic Education (S1)
Department: S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Wijaya Apriyanto
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
Thesis advisorSiti, Nursyamsiyahnidn0706027901
Thesis advisorHairul, Hudanidn0720018902
Contact Email Address: priwija26@gmail.com
Date Deposited: 12 Mar 2021 06:31
Last Modified: 30 Mar 2021 05:46
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/8840

Actions (login required)

View Item View Item