Apriyanto, Wijaya (2020) Peran Guru Pendidikan Agama Islam Memotivasi dalam Pembelajaran Di MTs Baitul Hikmah Jember. Undergraduate thesis, universitas muhammadiyah jember.
Text
a. Pendahuluan.pdf Download (944kB) |
|
Text
b. Abstrak fix.pdf Download (331kB) |
|
Text
c. BAB I.pdf Download (262kB) |
|
Text
d. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (216kB) | Request a copy |
|
Text
e. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (270kB) | Request a copy |
|
Text
f. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (293kB) | Request a copy |
|
Text
g. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (195kB) | Request a copy |
|
Text
h. BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (184kB) | Request a copy |
|
Text
i. DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (183kB) |
|
Text
j. Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (911kB) | Request a copy |
|
Text
K. ARTIKEL.pdf Download (657kB) |
Abstract
Pembelajaran PAI merupakan pendidikan yang didasarkan ajaran islam untuk dipedomi dalam praktik pendidikan, dalam PAI sekurang-kurangnya dapat menyediakan teori mengenai pendidikan masyarakat, dan pendidikan disekolah. Dalam proses pembelajaran, guru mempunyai tugas untuk mendorong, membimbing, dan memberi fasilitas belajar bagi siswa untuk mencapai tujuan. Data yang digunakan pada pengamatan ini yaitu murid, dan guru PAI disekolah di MTs Baitul Hikmah Jember. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pengamatan, wawancara, dan dokumeentasi. Istrumen yang digunakan peneliti berupa observasi pengamatan kegiatan, wawancara kepada guru Pendidikan Agama Islam, dan dokumen berupa arsip dan foto. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan dua tekhnik yaitu perpanjangan pengamatan dan triangulasi.Hasil penelitian ini yaitu ada beberapa cara yang dilakukan oleh guru pendidikan agama islam untuk menumbuhkan dan membangkitkan siswa dalam aktifitas belajar yakni: (a) memberikan tugas dan praktik. (b) mengembangkan sikap positif dalam pembelajaran. (c) memberikan hadiah untuk meningkatkan motivasi siswa. (d) memberi bimbingan. (e) memberi perhatian yang menyeluruh kepada siswa (tidak pilih kasih). (f) memberi penilaian. (g) menciptakan suasana kelas yang menyenangkan. (h) memberikan contoh tauladan terhadap siswa. Kata kunci: Guru PAI, siswa, dan motivasi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Subjects: | 200 Religious > 297 Islam, Babism, Bahai Faith > 297.5 Islamic Ethics and Religious Experience, Life, Practice > 297.56 Specific Vices, Virtues, Moral Issues | |||||||||
Divisions: | Faculty of Islamic Religion > Department of Islamic Education (S1) | |||||||||
Department: | S1 Pendidikan Agama Islam | |||||||||
Depositing User: | Wijaya Apriyanto | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Contact Email Address: | priwija26@gmail.com | |||||||||
Date Deposited: | 12 Mar 2021 06:31 | |||||||||
Last Modified: | 30 Mar 2021 05:46 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/8840 |
Actions (login required)
View Item |