PENGARUH IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW TERHADAP PENINGKATAN RASA PERCAYA DIRI PADA MATA KULIAH IKD 1 MAHASISWA S1 KEPERAWATAN DI STIKES dr. SOEBANDI JEMBER TAHUN 2015



Pranata, Andi Eka (2018) PENGARUH IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW TERHADAP PENINGKATAN RASA PERCAYA DIRI PADA MATA KULIAH IKD 1 MAHASISWA S1 KEPERAWATAN DI STIKES dr. SOEBANDI JEMBER TAHUN 2015. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[thumbnail of PENDAHULUAN.pdf] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (250kB)
[thumbnail of ABSTRAKSI.pdf] Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (255kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (94kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (142kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (49kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (197kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of ARTIKEL.pdf] Text
ARTIKEL.pdf

Download (212kB)

Abstract

Rasa percaya diri menjadi sebuah modal besar atas kelancaran dan optimalisasi
capaian pembelajaran, khususnya bagi mahasiswa keperawatan. Penelitian ini
menggunakan desain Quasy Experiment dengan pendekatan Non Equivalent
Control Group Design bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh model
pembelajaran jigsaw dalam meningkatkan rasa percaya diri mahasiswa. Populasi
penelitian ini adalah mahasiswa semester I Prodi S1 Keperawatan STIKES dr.
Soebandi Jember dengan sampel sejumlah 80 responden yang dibagi menjadi 40
responden sebagai kelompok intervensi dan 40 responden sebagai kelompok
kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Proses
intervensi menggunakan model pembelajaran kooperatif jigsaw. Hasil penelitian
dengan uji t-test dependent (α = 0,05) menunjukkan ada peningkatan rasa percaya
diri pada kelompok kontrol sebesar 62,5% dan peningkatan rasa percaya diri pada
kelompok intervensi sebesar 62,5%. Berdasarkan hasil uji t-test dependent (α =
0,05) didapatkan nilai p = 0,633. Kesimpulan penelitian ini adalah tidak adanya
pengaruh implementasi model pembelajaran kooperatif jigsaw terhadap
peningkatan rasa percaya diri mahasiswa. Rekomendasi penelitian ini yaitu
motivasi diri dan rasa percaya diri memiliki korelasi yang kuat, sehingga
penanaman motivasi diri yang efektif akan meningkatkan rasa percaya diri
khususnya dalam proses pembelajaran.

Contribution
Contributor Name
NIDN/NIDK
UNSPECIFIED
Asmuji, Asmuji
nidn0015067201
UNSPECIFIED
Supriyadi, Supriyadi
NIDN0015047409

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 610 Medicine and Health > 612 Human Physiology
Divisions: Faculty of Health > Department of Nursing Science (S1)
Depositing User: Perpustakaan UM Jember | perpustakaan@unmuhjember.ac.id
Date Deposited: 28 May 2021 06:52
Last Modified: 28 May 2021 06:52
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/9919

Actions (login required)

View Item View Item