PENGARUH IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW TERHADAP PENINGKATAN RASA PERCAYA DIRI PADA MATA KULIAH IKD 1 MAHASISWA S1 KEPERAWATAN DI STIKES dr. SOEBANDI JEMBER TAHUN 2015

Pranata, Andi Eka (2018) PENGARUH IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW TERHADAP PENINGKATAN RASA PERCAYA DIRI PADA MATA KULIAH IKD 1 MAHASISWA S1 KEPERAWATAN DI STIKES dr. SOEBANDI JEMBER TAHUN 2015. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (250kB)
[img] Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (255kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (94kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (142kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (49kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (197kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (212kB)

Abstract

Rasa percaya diri menjadi sebuah modal besar atas kelancaran dan optimalisasi capaian pembelajaran, khususnya bagi mahasiswa keperawatan. Penelitian ini menggunakan desain Quasy Experiment dengan pendekatan Non Equivalent Control Group Design bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh model pembelajaran jigsaw dalam meningkatkan rasa percaya diri mahasiswa. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa semester I Prodi S1 Keperawatan STIKES dr. Soebandi Jember dengan sampel sejumlah 80 responden yang dibagi menjadi 40 responden sebagai kelompok intervensi dan 40 responden sebagai kelompok kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Proses intervensi menggunakan model pembelajaran kooperatif jigsaw. Hasil penelitian dengan uji t-test dependent (α = 0,05) menunjukkan ada peningkatan rasa percaya diri pada kelompok kontrol sebesar 62,5% dan peningkatan rasa percaya diri pada kelompok intervensi sebesar 62,5%. Berdasarkan hasil uji t-test dependent (α = 0,05) didapatkan nilai p = 0,633. Kesimpulan penelitian ini adalah tidak adanya pengaruh implementasi model pembelajaran kooperatif jigsaw terhadap peningkatan rasa percaya diri mahasiswa. Rekomendasi penelitian ini yaitu motivasi diri dan rasa percaya diri memiliki korelasi yang kuat, sehingga penanaman motivasi diri yang efektif akan meningkatkan rasa percaya diri khususnya dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 610 Medicine and Health > 612 Human Physiology
Divisions: Faculty of Health > Department of Nursing Science (S1)
Depositing User: Perpustakaan UM Jember
Date Deposited: 28 May 2021 06:52
Last Modified: 28 May 2021 06:52
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/9919

Actions (login required)

View Item View Item