PENGARUH IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW TERHADAP PENINGKATAN RASA PERCAYA DIRI PADA MATA KULIAH IKD 1 MAHASISWA S1 KEPERAWATAN DI STIKES dr. SOEBANDI JEMBER TAHUN 2015
Pranata, Andi Eka (2018) PENGARUH IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW TERHADAP PENINGKATAN RASA PERCAYA DIRI PADA MATA KULIAH IKD 1 MAHASISWA S1 KEPERAWATAN DI STIKES dr. SOEBANDI JEMBER TAHUN 2015. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
Text
PENDAHULUAN.pdf Download (250kB) |
|
Text
ABSTRAKSI.pdf Download (255kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (94kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (142kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (87kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (49kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (197kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
ARTIKEL.pdf Download (212kB) |
Abstract
Rasa percaya diri menjadi sebuah modal besar atas kelancaran dan optimalisasi
capaian pembelajaran, khususnya bagi mahasiswa keperawatan. Penelitian ini
menggunakan desain Quasy Experiment dengan pendekatan Non Equivalent
Control Group Design bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh model
pembelajaran jigsaw dalam meningkatkan rasa percaya diri mahasiswa. Populasi
penelitian ini adalah mahasiswa semester I Prodi S1 Keperawatan STIKES dr.
Soebandi Jember dengan sampel sejumlah 80 responden yang dibagi menjadi 40
responden sebagai kelompok intervensi dan 40 responden sebagai kelompok
kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Proses
intervensi menggunakan model pembelajaran kooperatif jigsaw. Hasil penelitian
dengan uji t-test dependent (α = 0,05) menunjukkan ada peningkatan rasa percaya
diri pada kelompok kontrol sebesar 62,5% dan peningkatan rasa percaya diri pada
kelompok intervensi sebesar 62,5%. Berdasarkan hasil uji t-test dependent (α =
0,05) didapatkan nilai p = 0,633. Kesimpulan penelitian ini adalah tidak adanya
pengaruh implementasi model pembelajaran kooperatif jigsaw terhadap
peningkatan rasa percaya diri mahasiswa. Rekomendasi penelitian ini yaitu
motivasi diri dan rasa percaya diri memiliki korelasi yang kuat, sehingga
penanaman motivasi diri yang efektif akan meningkatkan rasa percaya diri
khususnya dalam proses pembelajaran.
ContributionContributor NameNIDN/NIDKUNSPECIFIEDAsmuji, Asmujinidn0015067201UNSPECIFIEDSupriyadi, SupriyadiNIDN0015047409
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 600 Technology and Applied Science > 610 Medicine and Health > 612 Human Physiology |
Divisions: | Faculty of Health > Department of Nursing Science (S1) |
Depositing User: | Perpustakaan UM Jember | perpustakaan@unmuhjember.ac.id |
Date Deposited: | 28 May 2021 06:52 |
Last Modified: | 28 May 2021 06:52 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/9919 |
Actions (login required)
View Item |