PENGARUH IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW TERHADAP PENINGKATAN RASA PERCAYA DIRI PADA MATA KULIAH IKD 1 MAHASISWA S1 KEPERAWATAN DI STIKES dr. SOEBANDI JEMBER TAHUN 2015
Pranata, Andi Eka (2018) PENGARUH IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW TERHADAP PENINGKATAN RASA PERCAYA DIRI PADA MATA KULIAH IKD 1 MAHASISWA S1 KEPERAWATAN DI STIKES dr. SOEBANDI JEMBER TAHUN 2015. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
| 
              
Text
 PENDAHULUAN.pdf Download (250kB)  | 
          |
| 
              
Text
 ABSTRAKSI.pdf Download (255kB)  | 
          |
| 
              
Text
 BAB I.pdf Download (94kB)  | 
          |
| 
              
Text
 BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (142kB)  | 
          |
| 
              
Text
 BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (87kB)  | 
          |
| 
              
Text
 BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (49kB)  | 
          |
| 
              
Text
 BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (197kB)  | 
          |
| 
              
Text
 LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB)  | 
          |
| 
              
Text
 ARTIKEL.pdf Download (212kB)  | 
          
Abstract
Rasa percaya diri menjadi sebuah modal besar atas kelancaran dan optimalisasi 
capaian pembelajaran, khususnya bagi mahasiswa keperawatan. Penelitian ini 
menggunakan desain Quasy Experiment dengan pendekatan Non Equivalent 
Control Group Design bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh model 
pembelajaran jigsaw dalam meningkatkan rasa percaya diri mahasiswa. Populasi 
penelitian ini adalah mahasiswa semester I Prodi S1 Keperawatan STIKES dr. 
Soebandi Jember dengan sampel sejumlah 80 responden yang dibagi menjadi 40 
responden sebagai kelompok intervensi dan 40 responden sebagai kelompok 
kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Proses 
intervensi menggunakan model pembelajaran kooperatif jigsaw. Hasil penelitian 
dengan uji t-test dependent (α = 0,05) menunjukkan ada peningkatan rasa percaya 
diri pada kelompok kontrol sebesar 62,5% dan peningkatan rasa percaya diri pada 
kelompok intervensi sebesar 62,5%. Berdasarkan hasil uji t-test dependent (α = 
0,05) didapatkan nilai p = 0,633. Kesimpulan penelitian ini adalah tidak adanya 
pengaruh implementasi model pembelajaran kooperatif jigsaw terhadap 
peningkatan rasa percaya diri mahasiswa. Rekomendasi penelitian ini yaitu 
motivasi diri dan rasa percaya diri memiliki korelasi yang kuat, sehingga 
penanaman motivasi diri yang efektif akan meningkatkan rasa percaya diri 
khususnya dalam proses pembelajaran.
ContributionNama Dosen PembimbingNIDN/NIDKUNSPECIFIEDAsmuji, Asmujinidn0015067201UNSPECIFIEDSupriyadi, SupriyadiNIDN0015047409
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) | 
|---|---|
| Subjects: | 600 Technology and Applied Science > 610 Medicine and Health > 612 Human Physiology | 
| Divisions: | Faculty of Health > Department of Nursing Science (S1) | 
| Depositing User: | Perpustakaan UM Jember | perpustakaan@unmuhjember.ac.id | 
| Date Deposited: | 28 May 2021 06:52 | 
| Last Modified: | 28 May 2021 06:52 | 
| URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/9919 | 
Actions (login required)
![]()  | 
        View Item | 
      