Implementasi Metode Ummi Dalam Membentuk Generasi Qur'ani di SMA Al-Furqan Jember

Karimah, Afifatul (2021) Implementasi Metode Ummi Dalam Membentuk Generasi Qur'ani di SMA Al-Furqan Jember. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[img] Text
Pendahuluan.pdf

Download (926kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (710kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (625kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (674kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (536kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (832kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (717kB) | Request a copy
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (402kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (507kB)
[img] Text
Lampiran-Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
Artikel.pdf

Download (696kB)

Abstract

ABSTRAK Karimah,Afifatul,2021.Implementasi Metode Ummi Dalam Membentuk Generasi Qur’anni di SMA Al-Furqan Jember,Skripsi,Jurusan Pendidikan Agama Islam,Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jember. Dosen Pembimbing : (1) Dr. Sofyan Rofi, M.Pd.I (2) Hairul Huda, M.Pd.I Kata Kunci : Metode Ummi, Generasi Qur’anni Al-Qur’an merupakan kitab suci bagi pemeluk agama islam sebagai pedoman hidup dan sumber hukum. wajib hukumnya sebagai umat muslim untuk mempelajarinya.dan mengingat pentingnya pembelajaran Al-Qur’an yang diawali dengan mampu membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar sesuai dengan kaidah yang ditentukan Rasulullah saw.maka untuk mempermudah dalam proses pembelajaran Al-Qur’an membutuhkan sebuah metode pembelajaran Al-Qur’an dan adapun rumusan masalahnya dari penelitian ini yaitu (1)Bagaimana Implementasi metode ummi dalam membentuk generasi qur’anni di SMA Al-Furqan Jember?Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi metode ummi dalam membentuk generasi qur’anni di SMA Al Furqan Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif Deskriptif yang mana lokasinya bertempat di SMA Al-Furqan Jember dengan prosedur pengumpulan datanya menggunakan observasi,wawancara,dokumentasi dengan jumlah 4 informan adapun teknis analisisnya meliputi reduksi data, penyajian data dan verifikasi data.serta untuk keabsahan data memakai kredibilitas (kepercayaan). Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu (1) Implementasi Metode Ummi Dalam Membentuk Generasi Qur’ani di SMA Al-Furqan Jember yaitu dengan menggunakan metode ummi dalam proses pembelajaran Al-Qur’an dan didukung oleh model pembelajaran Al-Qur’an Metode Ummi diantaranya yaitu Privat Individual,Klasikal Individual,Klasikal Baca Simak dan klasikal Baca Simak Murni. dalam proses belajar mengajar guru lebih sering memakai model pembelajaran metode ummi klasikal baca simak dan baca simak murni. dan dalam proses pembelajaran terdapat evaluasi diantaranya yaitu ujian lisan dan ujian tulis. selain itu untuk mencetak generasi qur’ani SMA Al-Furqan Jember berkerja sama dengan Ummi Foundation Pusat untuk mengadakan sertifikasi guru ummi dengan syarat mutlak yaitu lulus tashih,tahsin dan supervise guru. faktor pendukungnya yaitu : kedislipinan guru, semangat siswa, fasilitas,sumber media yang memadai serta jurnal penilaian yang lengkap.faktor penghambatnya yaitu : kemalasan siswa dan hubungan “segitiga emas”(hubungan keluarga,guru dan lingkungan siswa) yang kurang mendukung, serta kemampuan siswa yang bervariasi dalam membaca Al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Metode Ummi, Generasi Qur’anni
Subjects: 200 Religious
Divisions: Faculty of Islamic Religion > Department of Islamic Education (S1)
Department: S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Afifatul Karimah
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
Thesis advisorRofi, Sofyannidn0705078402
Thesis advisorHuda, Hairulnidn0720018902
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Contact Email Address: karimahafifatul@gmail.com
Date Deposited: 10 Aug 2021 02:25
Last Modified: 10 Aug 2021 02:25
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/11621

Actions (login required)

View Item View Item