Pembelajaran Biologi Berwawasan Esq dengan Model Sains Teknologi Masyarakat dalam Meningkatkan Hasil Belajar (Siswa Kelas Vii A Smp Muhammadiyah 9 Watukebo Materi Pencemaran Lingkungan)

Nurlaili, Iffatin (2016) Pembelajaran Biologi Berwawasan Esq dengan Model Sains Teknologi Masyarakat dalam Meningkatkan Hasil Belajar (Siswa Kelas Vii A Smp Muhammadiyah 9 Watukebo Materi Pencemaran Lingkungan). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (321kB) | Preview
[img] Text
Pendahuluan.pdf

Download (434kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (94kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (189kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (363kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (223kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (292kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (214kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)

Abstract

Pada pembelajaran biologi yang melibatkan siswa dan guru, materi, sarana dan prasarana serta metode-metode untuk pencapaian tujuan pembelajaran biologi, diketahui peran serta siswa belum menyeluruh, hanya didominasi oleh siswa-siswa tertentu saja. ESQ siswa masih rendah seperti siswa tidak mau bergabung dengan kelompoknya (egois). Siswa kurang percaya diri dalam mempresentasikan hasil diskusi dan beberapa siswa kurang menghargai teman saat presentasi atau mengemukakan pendapatnya. Siswa belum pernah membuat alat-alat sederhana dan belum pernah berhadapan dengan masalah dimasyarakat. Oleh karena itu, aspek-aspek emosional dan spiritual harus dipahami dengan model STM untuk meningkatkan keberhasilan dalam pemecahan masalah dan mendongkrak kualitas pembelajaran biologi. Jenis penelitian ini adalah PTK, dilaksanakan tanggal 14-23 April 2016 di kelas VII A SMP Muhammadiyah 9 Watukebo. Pengumpulan data melalui : (1) Wawancara, (2) observasi, (3) dokumentasi (4) tes. Instrumen yang digunakan yaitu lembar wawancara,observasi dan soal tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar baik kognitif, afektif dan psikomotor mengalami peningkatan. Ketuntasan klasikal keseluruhan mencapai 83,9%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran biologi berwawasan ESQ dengan model Sains Teknologi Masyarakat dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII A SMP Muhammadiyah 9 Watukebo materi pencemaran lingkungan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Biologi, ESQ, Model Sains Teknologi Masyarakat, Hasil Belajar.
Subjects: 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities
500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Biology Education (S1)
Department: ["eprint_fieldopt_department_KODEPRODI84205#PENDIDIKANBIOLOGI" not defined]
Depositing User: Rudi Setiawan
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDKomarayanti, SawitriUNSPECIFIED
UNSPECIFIEDHerrianto, ElfienUNSPECIFIED
Date Deposited: 03 May 2019 01:42
Last Modified: 29 Oct 2019 06:54
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/1373

Actions (login required)

View Item View Item