Candrasari, Pipit (2022) PENGEMBANGAN E-MODUL MATERI SISTEM PENRNAPASAN MANUSIA DAN PENGARUHNYA TERHADAP LEVEL MISKONSEPSI SISWA KELAS VIII. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.
Text
PENDAHULUAN.pdf Download (636kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (319kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (450kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (576kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (587kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (747kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (482kB) | Request a copy |
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (316kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (431kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
|
Text
ARTIKEL.pdf Download (508kB) |
Abstract
Perbedaan pola pikir pada siswa dapat menimbulkan kesalahan konsep yang disebut miskonsepsi. Salah satu konsep atau materi sistem pernapasan manusia dianggap materi yang cukup sulit oleh siswa sebab tidak bisa mengetahui secara nyata organ serta proses pernapasan pada tubuh manusia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat validitas pengembangan e-modul terhadap miskonsepsi, mengetahui perbedaan hasil belajar siswa kelas kontrol dan kelas eksperimen serta mengetahui pengaruh penggunaan e-modul terhadap level miskonsepsi. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan Borg and Gall yang disederhanakan menjadi 4 tahap yakni studi pendahuluan, perencanaan, pengembangan dan uji skala kecil dengan menggunakan 2 kelas sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil analisis data menunjukkan tingkat validitas e-modul memiliki rata-rata sebesar 69,16 % dengan kategori “Layak/Baik” . Hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol terdapat pengaruh yang signifikan dengan hasil uji mann-whiteney asymp.sig sebesar 0,048 lebih kecil daripada taraf signifikansi 5%. Level miskonsepsi tingkat pemahaman peserta didik juga menunjukkan perbedaan dengan persentase miskonsepsi pada kelas eksperimen yakni sebesar 33,4 % dan kelas control sebesar 51,7 %.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Miskonsepsi, Sistem Pernapasan Manusia dan E-Modul | |||||||||
Subjects: | 300 Social Science 300 Social Science > 370 Education 300 Social Science > 370 Education > 373 Secondary Education |
|||||||||
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Biology Education (S1) | |||||||||
Department: | S1 Pendidikan Biologi | |||||||||
Depositing User: | Pipit Candrasari | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Contact Email Address: | pipitcandra0@gmail.com | |||||||||
Date Deposited: | 25 Jul 2022 07:02 | |||||||||
Last Modified: | 25 Jul 2022 07:02 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/14237 |
Actions (login required)
View Item |