Pemanfaatan E-learning Sebagai Media Pembelajaran Sastra Indonesia Pada Siswa Kelas VIII SMPN 1 Kalibaru

Efendi, Ahmat Fani Infal (2022) Pemanfaatan E-learning Sebagai Media Pembelajaran Sastra Indonesia Pada Siswa Kelas VIII SMPN 1 Kalibaru. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
a. PENDAHULUAN.pdf

Download (3MB)
[img] Text
b. ABSTRAK.pdf

Download (358kB)
[img] Text
c. BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
d. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
e. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
f. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
g. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
h. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (517kB) | Request a copy
[img] Text
i. DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (523kB)
[img] Text
j. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan inovasi pembelajaran sastra pada era digital saat ini selalu dikaitkan dengan internet. Konsep E-learning di sekolah digunakan sebagai alat bantu dalam pembelajaran di zaman milenial. Pembelajaran berbasis E-learning akan menciptakan suasana pembelajaran yang efektif, efisien, dan meningkatkan mutu pendidikan. Akan tetapi, E-learning bukanlah menjadi tujuan pembelajaran, melainkan hanya sebagai media yang nantinya menambah minat belajar siswa sehingga tercapai tujuan pembelajaran. Adapun dalam pemanfaatan media E￾learning tersebut menimbulkan beberapa kendala dalam pelaksanaannya. Jaringan Internet tidak stabil, serta siswa keberatan dalam membeli paketan menjadi hambatan dalam pemanfaatan Media Pembelajaran E-learning di sekolah. Permasalahan yang muncul dari latar belakang adalah bagaimana pemanfaatan media E-learning dan bagaimana kendala yang dialami dalam memanfaatkan media E-learning di SMPN 1 Kalibaru. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan dalam pemanfaatan media pembelajaran E-learning sebagai media pembelajaran online pada siswa kelas VIII SMPN 1 Kalibaru. Jenis penelitian Kualitatif. Metode dalam penelitian ini yaitu deskriptif. Data dalam penelitian ini meliputi guru wali kelas dan peserta didik kelas VIII SMPN 1 Kalibaru. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, Observasi, dan catatan lapangan. Analisis data yang digunakan yakni dengan menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan uji kredibelitas dengan perpanjangan pengamatan dan meningkatkan kecermatan dalam penelitian. Hasil dari analisis data ini yaitu peneliti menemukan hasil dari pemanfaatan Media Pembelajaran E-learning serta hambatan-hambatan dalam pelaksanaanya yang ditemukan melalui hasil wawancara dan dokumentasi serta catatan lapangan. Ditemukan terdapat perbedaan minat belajar siswa saat menggunakan media pembelajaran E-learning dan tanpa menggunakan. Kedua siswa tersebut sama￾sama memiliki kesadaran dalam meningkatkan minat belajarnya, namun jika menggunakan media pembelajaran E-learning maka siswa akan memiliki semangat belajar yang lebih dari pada jika tidak menggunakan sama sekali. Berdasarkan hasil tersebut, simpulan dari penelitian ini adalah minat belajar siswa juga menjadi terpengaruh dengan adanya gaya belajar mengajar menggunakan media pembelajaran E-learning khususnya pada mata pelajaran sastra Indonesia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, E-learning
Subjects: 300 Social Science > 370 Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1)
Depositing User: Ahmat Fani Infal Efendi
Date Deposited: 01 Aug 2022 02:30
Last Modified: 01 Aug 2022 02:30
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/14608

Actions (login required)

View Item View Item