Holili, Hoilili (2022) Transformasi Pondok Pesantren Madinatul Ulum cangkring Jenggawah Jember. Undergraduate thesis, Muhammadiyah jember.
Text
A. PENDAHULUAN.pdf Download (3MB) |
|
Text
B. ABSTRAK.pdf Download (888kB) |
|
Text
C. BAB 1.pdf Download (815kB) |
|
Text
D. BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (846kB) | Request a copy |
|
Text
E. BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (741kB) | Request a copy |
|
Text
F. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (874kB) | Request a copy |
|
Text
G. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (615kB) | Request a copy |
|
Text
H. BAB 6.pdf Restricted to Repository staff only Download (610kB) | Request a copy |
|
Text
I. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (882kB) |
|
Text
J. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
K. JURNAL.pdf Download (538kB) |
Abstract
ABSTRAK Holili, 2022. Transformasi Pondok Pesantren Madinatul Ulum Cangkring Jenggawah Jember Tahun 2022. Skripsi, Program Studi Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jember.Dosen Pembimbing I: Dr.Siti Nursyamsiyah, M.pd. Dosen Pembimbing II: Badrut Tamami M.pd. Kata Kunci: Transformasi Pendidikan Pondok Pesantren Madinatul Ulum Pesantren yang ada sekarang pada umumnya telah mengalami pergeseran dari dampak modernisasi. Kiai dalam pesantren sekarang ini bukan lagi merupakan satu-satunya sumber belajar. Dengan semakin beraneka ragam sumber-sumber belajar baru, dan semakin tingginya dinamika komunikasi antara sistem pendidikan pesantren dan sistem pendidikan Nasional, maka santri dapat belajar dari banyak sumber. Salah satu gambaran mengenai transformasi pondok pesantren Madinatul Ulum Cangkring Jenggawah Jember yang telah mengalami perubahan dari berbagai aspek. Fokus penelitian ini adalah: Bagaimana pola pendidikan di pondok pesantren Madinatul Ulum Cangkring Jenggawah Jember Tahun 2022. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mendeskripsikan pola pendidikan di pondok pesantren Madinatul Ulum Cangkring Jenggawah Jember Tahun 2022 Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar belakang pada transformasi pendidikan pondok pesantren. Peneliti menggunakan pendekatan dan jenis penelitian yaitu kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber. Peneliti menyimpulkan bahwa pola pendidikan di pondok pesantren Madinatul Ulum Cangkring Jenggawah Jember Tahun 2022, sebagai berikut; (a) Transformasi Kelembagaan dapat dilihat dengan didirikannya beberapa pendidikan formal berupa PAUD, TK, SD, SMP, SMK (akuntansi, tata boga dan peternakan), MAK (IPA, IPS dan keagamaan) Madinatul Ulum dan bahkan sampai pada Perguruan Tinggi (PT); (b) Transformasi Metode Pembelajaran nya dapat dilihat dari penerapan metode tanya jawab, diskusi (Dialog), kerja kelompok, problem solving (bahtsul masail) (c) Transformasi kurikulum nya bahwasan nya kurikulum yang ada di Pondok Pesantren Madinatul Ulum terbagi menjadi dua yaitu kurikulum Pesantren dan dan kurikulum Formal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci :Tranformasi pondok pesantren Madinatul Ulum | |||||||||
Subjects: | 200 Religious | |||||||||
Divisions: | Faculty of Islamic Religion > Department of Islamic Education (S1) | |||||||||
Department: | S1 Pendidikan Agama Islam | |||||||||
Depositing User: | Holili Holili | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Contact Email Address: | kholilyefs0@gmail.com | |||||||||
Date Deposited: | 04 Aug 2022 02:06 | |||||||||
Last Modified: | 04 Aug 2022 02:06 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/14822 |
Actions (login required)
View Item |