Manajemen Pembelajaran Guru Untuk Anak Utis Usia 4-5 Tahun

Ainunnisyah, Salsabila (2022) Manajemen Pembelajaran Guru Untuk Anak Utis Usia 4-5 Tahun. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
a. PENDAHULUAN.pdf

Download (365kB)
[img] Text
b. ABSTRAK.pdf

Download (150kB)
[img] Text
c. BAB I.pdf

Download (152kB)
[img] Text
d. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (318kB) | Request a copy
[img] Text
e. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB) | Request a copy
[img] Text
f. BAB IV .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (720kB) | Request a copy
[img] Text
g. BAB V .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (180kB) | Request a copy
[img] Text
h. BAB VI .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (52kB) | Request a copy
[img] Text
i. DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (141kB)
[img] Text
j. LAMPIRAN .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
k. JURNAL.pdf

Download (247kB)

Abstract

Manajemen pembelajaran merupakan pengelolaan yang mengatur, terciptanya proses pembelajaran yang efektif untuk meletakkan dasar-dasar kearah perkembangan sikap, pengetahuan, keterampilan, dan daya cipta yang diperlukan anak didik dalam menyesuaikan diri dengan lingkungannya, untuk pertumbuhan serta perkembangan selanjutnya, efisien dalam pendayagunaan tenaga, waktu, biaya, ruang, gedung dan fasilitas lain. Manajemen pembelajaran sangat dibutuhkan dalam pengelolaan sistem pembelajaran untuk mengembangkan perkembangan anak berkebutuhan khusus, yang terdiri dari enam aspek perkembangannya salah satunya nilai agama dan moral, bahasa, seni, sosial emosional, fisik motorik dari sebuah proses cara mengajar guru yang ada pada manajemen pembelajaran terdiri dari 3 jenis pelaksanaaan, perancangan, dan evaluasi pembelajaran Masalah yang ingin diteliti lebih dalam adalah mengenai, Bagaimana Manajemen Pembelajaran Guru Untuk Anak Autis Usia 4-5 Tahun Di PAUD Al-Irsyad Al-Islamiyah Di Kabupaten Bondowoso, dengan tujuan untuk mengetahui tentang manajemen perencanan, pelaksanaan, evaluasi pembelajaran yang dilakukan guru terhadap perkembangan anak autis usia 4-5 tahun di PAUD Al-Irsyad Al-Islamiyah di Kabupaten Bondowoso. Jenis penelitian yang dilakukan adalah kualitatif, metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara,observasi, dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan berupa cara mengajar guru dalam manajemen pembelajaran saat melakukan pelaksanaan pembelajaran, rancangan pembelajaran, serta evaluasi pembelajaran ketika dikelas dengan anak autis, hasil wawancara dan studi dokumen. Sumber pada penelitian ini adalah Guru Wali Kelas Kelompok A di PAUD Al-Irsyad Al-Islamiyah di Kabupaten Bondowoso. Berdasarkan hasil observasi dapat disimpulkan bahwa manajemen pembelajaran sangat dibutuhkan oleh guru dan kepala sekolah, dalam pengelolaan pembelajaran untuk anak berkebutuhan khusus saat dikelas salah satunya adalah sebuah pelaksanaan, perencanaan, dan evaluasi pembelajaran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pembelajaran, Perkembangan Anak Autis
Subjects: 300 Social Science > 370 Education > 372 Elementary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Early Childhood Education (S1)
Department: S1 Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Salsabila Ainunnisyah
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
Thesis advisorRachman, AngraenyNIDN0727058001
Thesis advisorKusumaningtyas, NurainiNIDN0721108101
Contact Email Address: ainunnisyahsalsabila@gmail.com
Date Deposited: 27 Sep 2022 02:40
Last Modified: 27 Sep 2022 02:40
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/15345

Actions (login required)

View Item View Item