Penerapan Siklus Belajar 5e Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar

Rohma, Imayatur (2016) Penerapan Siklus Belajar 5e Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (459kB) | Preview
[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (271kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (204kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (220kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (123kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (392kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (583kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (281kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img] Text
1 MATRIK PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (224kB)
[img] Text
2 SILABUS XI 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (158kB)

Abstract

Fakta dilapangan menunjukkan bahwa pada kelas XI IPA3 SMAN 1 Bangorejo menunjukkan bahwa kemampuan keterampilan proses dan hasil belajar siswa masih tergolong rendah akibatnya tujuan pembelajaran biologi yang tercantum dalam kurikulum belum sepenuhnya tercapai. Salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan menerapkan Model Siklus Belajar 5E (Egagement, Exploration, Explanation, Elaboration, Evaluation). Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Bangorejo pada kelas XI IPA3 yang dilaksanakan pada tanggal 28 April 2016 - 12 Mei 2016. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus. Metode Pengumpulan data didapat melalui wawancara, observasi, dokumentasi, tes. Berdasarkan Hasil penelitian menunjukkan pada keterampilan proses berkatagori sangat baik pada siklus I mengalami peningkat 10% dan pada siklus II mengalami peningkat 12%. Hasil belajar ranah kognitif siklus I ketuntasan klasikal mengalami peningkatan sebesar 8,8%. Ranah afektif siklus I meningkat mencapai 77,8%. Sedangkan ranah psikomotor pada siklus I mencapai 69,4% dengan kategori “cukup”. Pada siklus II dilakukan perbaikan pada indikator yang belum tuntas, siklus II meningkat mencapai 77% “baik”. Dengan begitu dapat disimpulkan bahwa penerapan siklus belajar 5E dapat meningkatkan keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa pada kelas XI IPA3 di SMAN 1 Bangorejo.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Siklus belajar 5E, keterampilan proses, hasil belajar, dan sistem indera.
Subjects: 300 Social Science > 370 Education
300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities
500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Biology Education (S1)
Department: ["eprint_fieldopt_department_KODEPRODI84205#PENDIDIKANBIOLOGI" not defined]
Depositing User: Rudi Setiawan
Date Deposited: 03 May 2019 02:17
Last Modified: 30 Oct 2019 01:25
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/1722

Actions (login required)

View Item View Item