Penerapan Siklus Belajar 5e Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar



Rohma, Imayatur (2016) Penerapan Siklus Belajar 5e Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[thumbnail of ARTIKEL.pdf]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (459kB) | Preview
[thumbnail of PENDAHULUAN.pdf] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (271kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (204kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (220kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (123kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (392kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (583kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (281kB)
[thumbnail of BAB VI.pdf] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[thumbnail of 1 MATRIK PENELITIAN.pdf] Text
1 MATRIK PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (224kB)
[thumbnail of 2 SILABUS XI 3.pdf] Text
2 SILABUS XI 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (158kB)

Abstract

Fakta dilapangan menunjukkan bahwa pada kelas XI IPA3 SMAN 1 Bangorejo menunjukkan bahwa kemampuan keterampilan proses dan hasil belajar siswa masih tergolong rendah akibatnya tujuan pembelajaran biologi yang tercantum dalam kurikulum belum sepenuhnya tercapai. Salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan menerapkan Model Siklus Belajar 5E (Egagement, Exploration, Explanation, Elaboration, Evaluation). Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Bangorejo pada kelas XI IPA3 yang dilaksanakan pada tanggal 28 April 2016 - 12 Mei 2016. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus. Metode Pengumpulan data didapat melalui wawancara, observasi, dokumentasi, tes. Berdasarkan Hasil penelitian menunjukkan pada keterampilan proses berkatagori sangat baik pada siklus I mengalami peningkat 10% dan pada siklus II mengalami peningkat 12%. Hasil belajar ranah kognitif siklus I ketuntasan klasikal mengalami peningkatan sebesar 8,8%. Ranah afektif siklus I meningkat mencapai 77,8%. Sedangkan ranah psikomotor pada siklus I mencapai 69,4% dengan kategori “cukup”. Pada siklus II dilakukan perbaikan pada indikator yang belum tuntas, siklus II meningkat mencapai 77% “baik”. Dengan begitu dapat disimpulkan bahwa penerapan siklus belajar 5E dapat meningkatkan keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa pada kelas XI IPA3 di SMAN 1 Bangorejo.

[error in script]

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords/Kata Kunci: Siklus belajar 5E, keterampilan proses, hasil belajar, dan sistem indera.
Subjects: 300 Social Science > 370 Education
300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities
500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Biology Education (S1)
Depositing User: Rudi Setiawan | rudi01755@gmail.com
Date Deposited: 03 May 2019 02:17
Last Modified: 30 Oct 2019 01:25
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/1722

Actions (login required)

View Item View Item