Tri Rachmawati, Novita (2016) Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.
|
Text
ARTIKEL.pdf Download (320kB) | Preview |
|
Text
PENDAHULUAN.pdf Download (291kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (149kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (156kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (117kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (484kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (375kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (98kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (140kB) |
||
Text
01.MATRIK PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (174kB) |
||
Text
02.SILABUS.pdf Restricted to Repository staff only Download (197kB) |
Abstract
Kenyataan yang dapat dilihat dilapangan di kelas VII MTs Ar Rohman Kedunglangkap menunjukkan bahwa hasil belajar siswa masih tergolong rendah. Salah satu untuk mengatasi masalah tersebut dengan menerapkan model pembelajaran Creative Problem Solving untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan Saling Ketergantungan Dalam Ekosistem kelas VII. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Creative Problem Solving terhadap peningkatan hasil belajar. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari 4 tahap: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Observasi, (4) Refleksi. Metode Pengumpulan data didapat melalui wawancara, observasi, dokumentasi, tes. Berdasarkan Hasil penelitian menunjukkan pada ranah kognitif siklus I ketuntasan klasikal mencapai 71% dan pada siklus II mencapai 80% mengalami peningkatan sebesar 9%. Ranah afektif siklus I mencapai 72% dengan kategori “cukup baik”. Pada siklus II dilakukan perbaikan pada indikator yang belum tuntas, siklus II meningkat mencapai 82% dengan kategori “baik”. Sedangkan ranah psikomotor pada siklus I mencapai 75% dengan kategori “cukup baik”. Pada siklus II dilakukan perbaikan pada indikator yang belum tuntas, siklus II meningkat mencapai 83% “baik”.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar, Model Pembelajaran CPS. | |||||||||
Subjects: | 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology |
|||||||||
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Biology Education (S1) | |||||||||
Department: | ["eprint_fieldopt_department_KODEPRODI84205#PENDIDIKANBIOLOGI" not defined] | |||||||||
Depositing User: | Rudi Setiawan | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Date Deposited: | 03 May 2019 01:45 | |||||||||
Last Modified: | 30 Oct 2019 02:17 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/1734 |
Actions (login required)
View Item |