Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving Untuk Meningkatkan Hasil Belajar



Tri Rachmawati, Novita (2016) Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[thumbnail of ARTIKEL.pdf]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (320kB) | Preview
[thumbnail of PENDAHULUAN.pdf] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (291kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (149kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (156kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (117kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (484kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (375kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[thumbnail of BAB VI.pdf] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (140kB)
[thumbnail of 01.MATRIK PENELITIAN.pdf] Text
01.MATRIK PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (174kB)
[thumbnail of 02.SILABUS.pdf] Text
02.SILABUS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (197kB)

Abstract

Kenyataan yang dapat dilihat dilapangan di kelas VII MTs Ar Rohman Kedunglangkap menunjukkan bahwa hasil belajar siswa masih tergolong rendah. Salah satu untuk mengatasi masalah tersebut dengan menerapkan model pembelajaran Creative Problem Solving untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan Saling Ketergantungan Dalam Ekosistem kelas VII. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Creative Problem Solving terhadap peningkatan hasil belajar. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari 4 tahap: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Observasi, (4) Refleksi. Metode Pengumpulan data didapat melalui wawancara, observasi, dokumentasi, tes. Berdasarkan Hasil penelitian menunjukkan pada ranah kognitif siklus I ketuntasan klasikal mencapai 71% dan pada siklus II mencapai 80% mengalami peningkatan sebesar 9%. Ranah afektif siklus I mencapai 72% dengan kategori “cukup baik”. Pada siklus II dilakukan perbaikan pada indikator yang belum tuntas, siklus II meningkat mencapai 82% dengan kategori “baik”. Sedangkan ranah psikomotor pada siklus I mencapai 75% dengan kategori “cukup baik”. Pada siklus II dilakukan perbaikan pada indikator yang belum tuntas, siklus II meningkat mencapai 83% “baik”.

Contribution
Contributor Name
NIDN/NIDK
UNSPECIFIED
Eurika, Novy
UNSPECIFIED
UNSPECIFIED
Utomo, Agus Prasetyo
UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords/Kata Kunci: Hasil belajar, Model Pembelajaran CPS.
Subjects: 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities
500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Biology Education (S1)
Depositing User: Rudi Setiawan | rudi01755@gmail.com
Date Deposited: 03 May 2019 01:45
Last Modified: 30 Oct 2019 02:17
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/1734

Actions (login required)

View Item View Item