Pembelajaran Konstekstual (Contextual Teaching and Learning) untuk Meningkatkan Aktifitas dan Hasil Belajar Siswa



Zaenuri, Achmad (2016) Pembelajaran Konstekstual (Contextual Teaching and Learning) untuk Meningkatkan Aktifitas dan Hasil Belajar Siswa. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[thumbnail of JURNAL.pdf]
Preview
Text
JURNAL.pdf

Download (202kB) | Preview
[thumbnail of PENDAHULUAN.pdf] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (671kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (160kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (90kB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf

Download (177kB)
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (718kB)
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (336kB)
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (372kB)
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (162kB)
[thumbnail of BAB 6.pdf] Text
BAB 6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[thumbnail of 1. MATRIK PENELITIAN (67-69).pdf] Text
1. MATRIK PENELITIAN (67-69).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (289kB)
[thumbnail of 8. Kategori Penilaian (93).pdf] Text
8. Kategori Penilaian (93).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)
[thumbnail of 7. ANALISIS HASIL TES (88-92).pdf] Text
7. ANALISIS HASIL TES (88-92).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (456kB)

Abstract

Pembelajaran matematika konvesional dengan paradigma guru mengajar hanya berorientasi pada hasil belajar yang dapat diamati dan diukur. Siswa pasif dan hanya menerima apa kata guru tanpa ada respon. Guru cenderung memindahkan informasi yang sebanyak-banyaknya kepada siswa sehingga konsep, prinsip dan aturan-aturan sulit dipahami oleh siswa, juga tidak dapat menerapkan konsep dan sukar untuk mengadaptasikan pengetahuannya terhadap lingkungan belajarnya dan menjadikan matematika tidak bermakna bagi siswa. Hal ini mengakibatkan prestasi belajar matematika Indonesia rendah. Pembelajaran matematika disekolah efektif dan bermakna bagi siswa jika proses pembelajaran memperhatikan konteks nyata dari kehidupan siswa dan siswa secara aktif dilibatkan dalam pengorganisasian, penemuan informasi atau pengetahuan, dan keterkaitan informasi yang diberikan.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Dalam penelitian ini bertujuan menyelesaikan permasalahan yang dialami oleh guru pada saat mengajar di kelas yang berhubungan dengan pembelajaran yang diterapkan oleh guru. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran kontekstual Contextual Teaching and Learning (CTL). Untuk mengamati, menganalisis aktifitas siswa selama pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) .

Contribution
Contributor Name
NIDN/NIDK
UNSPECIFIED
Kolis, Nur
UNSPECIFIED
UNSPECIFIED
Hariyanto, Hariyanto
UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords/Kata Kunci: Pendekatan Kontekstual (CTL), Aktifitas dan Hasil Belajar, Keliling Dan Luas Bangun Segi Empat
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1)
Depositing User: Hendri UF | hendri@unmuhjember.ac.id
Date Deposited: 14 May 2019 02:11
Last Modified: 16 Nov 2019 02:35
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/1766

Actions (login required)

View Item View Item