Analisis Kemampuan Numerasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah TIMSS Ditinjau dari Gender

Alfarisi, Alfarisi (2023) Analisis Kemampuan Numerasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah TIMSS Ditinjau dari Gender. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
A. PENDAHULUAN.pdf

Download (861kB)
[img] Text
B. ABSTRAK.pdf

Download (493kB)
[img] Text
C. BAB I.pdf

Download (5MB)
[img] Text
D. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (595kB) | Request a copy
[img] Text
E. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (683kB) | Request a copy
[img] Text
F. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
G. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (517kB) | Request a copy
[img] Text
H. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (495kB) | Request a copy
[img] Text
I. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (504kB)
[img] Text
J. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Alfarisi. 2023. Analisis Kemampuan Numerasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah TIMSS Ditinjau dari Gender. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jember. Pembimbing (I) Dr. Christine Wulandari Suryaningrum, M.Pd. (II) Hana Puspita Eka Firdaus, S.Pd., M.Pd. Kata kunci: Kemampuan Numerasi, Masalah TIMSS, Gender Siswa harus memiliki keterampilan dalam bidang matematika, salah satunya kemampuan numerasi. Kemampuan numerasi adalah keterampilan dalam menggunakan, memahami, serta menganalisis matematika untuk mengerjakan masalah dalam kegiatan sehari-hari. Penelitian memiliki tujuan mencari tahu perbedaan kemampuan numerasi matematika siswa dalam mengerjakan masalah TIMSS dilihat dari gender. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Jumlah subjek sebanyak 4 siswa yaitu kelas VIII E di SMPN 1 Ledokombo dengan 2 siswa laki-laki serta 2 siswa perempuan. Instrumen menggunakan masalah TIMSS, wawancara, serta dokumentasi. Selain itu, analisis data dibagi menjadi tiga tahap yaitu pertama reduksi data, kedua penyajian data, serta terakhir penarikan kesimpulan, dilanjutkan pengujian kesahihan data menggunakan triangulasi sumber. Alur penelitian pada penelitian ini diantaranya kegiatan pendahuluan, pembuatan instrumen penelitian, pengujian validasi instrumen, pengumpulan data, menganalisis data, serta diambil kesimpulan. Peneliti memilih subjek berlandaskan indikator kemampuan numerasi dari 4 siswa sebagai subjek penelitian tersebut menunjukkan kemampuan numerasi siswa laki-laki lebih unggul daripada siswa perempuan. Perbedaan kemampuan numerasi siswa dilihat berdasarkan 3 komponen indikator kemampuan numerasi. Penilaian kemampuan numerasi 2 siswa laki-laki memperoleh tingkatan tinggi serta sedang dengan nilai 91,7 dan 58,3. Penilaian kemampuan numerasi 2 siswa perempuan juga dengan tingkatan tinggi serta sedang memperoleh nilai 75 dan 50.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Numerasi, Masalah TIMSS, Gender
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics > 515 Analysis
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1)
Department: S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Alfarisi Alfarisi
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDSuryaningrum, Christine WulandariNIDN0717028302
UNSPECIFIEDFirdaus, Hana Puspita EkaNIDN0714069002
Contact Email Address: alfarisif80@gmail.com
Date Deposited: 11 Jul 2023 06:25
Last Modified: 11 Jul 2023 06:25
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/17668

Actions (login required)

View Item View Item