Alfarisi, Alfarisi (2023) Analisis Kemampuan Numerasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah TIMSS Ditinjau dari Gender. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
Text
A. PENDAHULUAN.pdf Download (861kB) |
|
Text
B. ABSTRAK.pdf Download (493kB) |
|
Text
C. BAB I.pdf Download (5MB) |
|
Text
D. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (595kB) | Request a copy |
|
Text
E. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (683kB) | Request a copy |
|
Text
F. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
G. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (517kB) | Request a copy |
|
Text
H. BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (495kB) | Request a copy |
|
Text
I. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (504kB) |
|
Text
J. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Alfarisi. 2023. Analisis Kemampuan Numerasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah TIMSS Ditinjau dari Gender. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jember. Pembimbing (I) Dr. Christine Wulandari Suryaningrum, M.Pd. (II) Hana Puspita Eka Firdaus, S.Pd., M.Pd. Kata kunci: Kemampuan Numerasi, Masalah TIMSS, Gender Siswa harus memiliki keterampilan dalam bidang matematika, salah satunya kemampuan numerasi. Kemampuan numerasi adalah keterampilan dalam menggunakan, memahami, serta menganalisis matematika untuk mengerjakan masalah dalam kegiatan sehari-hari. Penelitian memiliki tujuan mencari tahu perbedaan kemampuan numerasi matematika siswa dalam mengerjakan masalah TIMSS dilihat dari gender. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Jumlah subjek sebanyak 4 siswa yaitu kelas VIII E di SMPN 1 Ledokombo dengan 2 siswa laki-laki serta 2 siswa perempuan. Instrumen menggunakan masalah TIMSS, wawancara, serta dokumentasi. Selain itu, analisis data dibagi menjadi tiga tahap yaitu pertama reduksi data, kedua penyajian data, serta terakhir penarikan kesimpulan, dilanjutkan pengujian kesahihan data menggunakan triangulasi sumber. Alur penelitian pada penelitian ini diantaranya kegiatan pendahuluan, pembuatan instrumen penelitian, pengujian validasi instrumen, pengumpulan data, menganalisis data, serta diambil kesimpulan. Peneliti memilih subjek berlandaskan indikator kemampuan numerasi dari 4 siswa sebagai subjek penelitian tersebut menunjukkan kemampuan numerasi siswa laki-laki lebih unggul daripada siswa perempuan. Perbedaan kemampuan numerasi siswa dilihat berdasarkan 3 komponen indikator kemampuan numerasi. Penilaian kemampuan numerasi 2 siswa laki-laki memperoleh tingkatan tinggi serta sedang dengan nilai 91,7 dan 58,3. Penilaian kemampuan numerasi 2 siswa perempuan juga dengan tingkatan tinggi serta sedang memperoleh nilai 75 dan 50.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Numerasi, Masalah TIMSS, Gender | |||||||||
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics > 515 Analysis | |||||||||
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1) | |||||||||
Department: | S1 Pendidikan Matematika | |||||||||
Depositing User: | Alfarisi Alfarisi | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Contact Email Address: | alfarisif80@gmail.com | |||||||||
Date Deposited: | 11 Jul 2023 06:25 | |||||||||
Last Modified: | 11 Jul 2023 06:25 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/17668 |
Actions (login required)
View Item |