Rini, Alifiah Farindra Marta (2023) KEMAMPUAN REPRESENTASI SEMIOTIK SISWA PADA PEMECAHAN MASALAH HOTS MATERI SEGITIGA. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
Text
A. PENDAHULUAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
B. ABSTRAK.pdf Download (622kB) |
|
Text
C. BAB I.pdf Download (4MB) |
|
Text
D. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (840kB) | Request a copy |
|
Text
E. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (521kB) | Request a copy |
|
Text
F. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
G. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (880kB) | Request a copy |
|
Text
H. BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (505kB) | Request a copy |
|
Text
I. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (629kB) |
|
Text
J. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Masalah penelitian ini adalah bagaimana kemampuan representasi semiotik siswa pada pemecahan masalah HOTS materi segitiga. Tujuan pada penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan kemampuan representasi semiotik siswa kelas VII B di SMP Muhammadiyah 1 Jember dalam memecahkan masalah HOTS pada materi segitiga. Subjek penelitian ini berjumlah 3 dengan jumlah 3 soal tes tertulis materi segitiga. Subjek yang terpilih adalah subjek yang pada hasil jawabannya memenuhi ketiga indikator representasi semiotik yang meliputi indikator ikon (icon), simbol (symbol), dan indeks (index). Jenis penelitian ini adalah dekriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 15 Maret 2023 di SMP Muhammadiyah 1 Jember tepatnya pada kelas VII B. Pengumpulan data berupa tes tertulis dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil pada indikator ikon masing-masing subjek penelitian menggambarkan ikon yang sama yakni berupa gambar segitiga sama sisi pada nomor 1, gambar segitiga siku-siku atau segitiga sembarang pada nomor 2, dan gambar segitiga sama sisi sebanyak 3 pada nomor 3. Indikator simbol terdapat simbol-simbol matematik yang cukup beragam pada tiap-tiap nomor tetapi memiliki makna dan kegunaan yang sama yakni untuk menyelesaikan permasalahan yang diberikan. Indikator Indeks memunculkan beragam indeks yang berbeda pada tiap-tiap nomor tetapi memiliki makna dan kegunaan yang sama seperti mengaitkan indikator ikon yang berupa gambar segitiga dengan tanda “-“ yang terdapat pada masing-masing sisi segitiga.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Representasi Semiotik, HOTS, Segitiga | |||||||||
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics > 515 Analysis | |||||||||
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1) | |||||||||
Department: | S1 Pendidikan Matematika | |||||||||
Depositing User: | ALIFIAH FARINDRA MARTA RINI | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Contact Email Address: | alifiafarindra@gmail.com | |||||||||
Date Deposited: | 20 Jul 2023 02:23 | |||||||||
Last Modified: | 20 Jul 2023 02:23 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/17876 |
Actions (login required)
View Item |