Wulandari, Unsiyah (2016) Perbedaan Hasil Belajar dan Keterampilan Kerja Kolaboratif Antara Model Think Pair Share (TPS) dan Student Teams-Achievement Divisions (Stad) (Materi Ekosistem Siswa Kelas VII MTS RAUDLATUL ULUM LEDOKOMBO). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.
|
Text
artikel pdf.pdf Download (294kB) | Preview |
|
Text
Pendahuluan.pdf Download (493kB) |
||
Text
ABSTRAK pdf.pdf Download (212kB) |
||
Text
bab 1.pdf Download (172kB) |
||
Text
BAB II pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (123kB) |
||
Text
BAB III pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (167kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (381kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (104kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (87kB) |
||
Text
1 MATRIKS PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (68kB) |
||
Text
2 SILABUS PEMBELAJARAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (322kB) |
||
Text
3 HASIL WAWANCARA.pdf Restricted to Repository staff only Download (87kB) |
Abstract
Pembelajaran yang dilaksanakan di MTs Radlatul Ulum belum menunjukkan hasil yang memuaskan, Masalah utama dalam pembelajaran di MTs Radlatul Ulum model yang digunakan oleh guru kurang bervariasi, sehingga masalah dalam penelitian ini membedakan dua model yang belum pernah diterapkan yaitu model pembelajaran TPS dan STAD terhadap hasil belajar dan keterampilan kerja kolaboratif. Adapun tujuannya untuk mengetahui perbedaan model pembelajaran TPS dan STAD terhadap hasil belajar dan keterampilan kerja kolaboratif siswa kelas VIIA dan VIIB MTs Raudlatul ulum. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu. Penelitian ini dilaksanakan hampir satu bulan yaitu pada 25 April sampai 16 Mei 2016. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, hasil belajar dan keterampilan kerja kolaboratif siswa yang diajar menggunakan model TPS dan STAD memiliki perbedaan yang signifikan. Dapat dilihat dari hasil postest siswa yang diuji menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji independent t-tes diperoleh sig = 0,21 dan α = 0,10 Karena sig < α maka Ha diterima. Kesimpulan penelitian inii terdapat perbedaan model pembelajaran TPS dan STAD terhadap hasil belajar dan keterampilan kerja kolaboratif siswa kelas VIIA dan VIIB MTs Raudlatul ulum. Saran dalam penelitian diharapkan guru menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TPS, agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Keterampilan Kerja Kolaboratif, Model Think Pair Share (TPS) dan Model Student Team-Achievement Divisions (STAD) . | |||||||||
Subjects: | 300 Social Science > 370 Education 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology |
|||||||||
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Biology Education (S1) | |||||||||
Department: | ["eprint_fieldopt_department_KODEPRODI84205#PENDIDIKANBIOLOGI" not defined] | |||||||||
Depositing User: | Rudi Setiawan | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Date Deposited: | 16 May 2019 02:00 | |||||||||
Last Modified: | 30 Oct 2019 02:31 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/1795 |
Actions (login required)
View Item |