Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Inkuiri pada Materi Jamur



Luviana Anggraeni, Erni (2017) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Inkuiri pada Materi Jamur. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[thumbnail of ARTIKEL erni.pdf]
Preview
Text
ARTIKEL erni.pdf

Download (377kB) | Preview
[thumbnail of pendahuluan.pdf] Text
pendahuluan.pdf

Download (364kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (91kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (128kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (234kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (267kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (956kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (173kB)
[thumbnail of DAFTAR RUJUKAN.pdf] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (263kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini menghasilkan rencana pelaksanaan pembelajaran, lembar kegiatan siswa berbasis inkuiri dan penilaian pokok bahasan jamur kelas X dan mengetahui uji keterbacaan dan tingkat kesulitan lembar kegiatan siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Educational Research and Development. Model penelitian dan pengembangan ini mengacu pada model 4-D (Four D model) yang direduksi menjadi 3-D terdiri dari 3 tahap, tahap pendefinisian (define), perencanaan (design), pengembangan (develop). Hasil analisis skor rata-rata penilaian rencana pelaksanaan pembelajaran dari ahli perangkat dan pengguna diperoleh nilai rata-rata keseluruhan 4,1 dan 4,5 dengan kriteria valid. Skor rata-rata penilaian lembar kegiatan siswa, ahli materi, ahli media, ahli bahasa diperoleh nilai rata-rata keseluruhan 4 dengan kriteri valid. Skor rata-rata lembar observasi keterampilan proses sains dan sikap ilmiah siswa, diperoleh nilai rata-rata 4 dengan kriteria valid. Berdasarkan kriteria kevalidan menunjukkan perangkat pembelajaran yang dihasilkan memiliki interpretasi valid dan dapat digunakan. Hasil uji keterbacaan dan tingkat kesulitan menunjukkan lembar kegiatan siswa terbaca dengan baik, serta respon siswa yang memberikan respon positif lebih banyak dibandingkan dengan respon negatif.

Contribution
Contributor Name
NIDN/NIDK
UNSPECIFIED
Priantari, Ika
nidn0609460
UNSPECIFIED
Harrianto, Elfien
nidn8507129

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords/Kata Kunci: Perangkat pembelajaran, Inkuiri, Jamur.
Subjects: 300 Social Science > 370 Education
300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities
500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Biology Education (S1)
Depositing User: Rudi Setiawan | rudi01755@gmail.com
Date Deposited: 19 Jun 2019 02:16
Last Modified: 19 Sep 2019 08:51
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/1813

Actions (login required)

View Item View Item