Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Think Pair Share dengan Media Automatic Narrated Animation (SMP NURUL ULUM Mumbulsari Kelas VII-A Pokok Bahasan Ekosistem Tahun Pelajaran 2016/2017)

Nurlaili Imaama, Palupi (2017) Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Think Pair Share dengan Media Automatic Narrated Animation (SMP NURUL ULUM Mumbulsari Kelas VII-A Pokok Bahasan Ekosistem Tahun Pelajaran 2016/2017). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (419kB) | Preview
[img] Text
1. COVER.pdf

Download (106kB)
[img] Text
6. DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (172kB)
[img] Text
ABSTRAK1.pdf

Download (187kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (182kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (292kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (343kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (425kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (176kB)
[img] Text
BAB 6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)

Abstract

Fakta dikelas VII-A SMP Nurul Ulum Mumbulsari menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa dan hasil belajar siswa rendah karena guru tidak menggunakan model pembelajaran disetiap pembelajaran dan kurangnya media pembelajaran. Media pembelajaran hanya menggunakan charta. Model pembelajaran yang digunakan menggunakan model pembelajaran konvensional. ketuntasan ulangan akhir didapatkan dari studi dokumentasi ulangan akhir hanya mencapai 41% belum mencapai kriteria ketuntasan yang ditentukan. Motivasi siswa rata-rata hanya mencapai 2,1 dengan katagori rendah. Salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut menggunakan model pembelajaran Think Pair Share dengan media Automatic Narrated Animation untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Nurul Ulum Mumbulsari Kelas VII-A yang dilaksanakan pada tanggal 19 April 2017 - 30 April 2017. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Observasi, (4) Refleksi. Metode Pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa motivasi siswa dan hasil belajar baik kognitif, afektif maupun psikomotor mengalami peningkatan. Motivasi pada pra siklus mencapai nilai rata-rata 2,1 siklus I 3,8 pada siklus II 4,37 mengalami peningkatan sebesar 2,37. Sedangkan untuk hasil belajar ranah kognitif pada pra siklus mencapai 41% pada siklus I 54% pada siklus II 100% mengalami peningkatan 49%. Pada ranah afektif siklus I mencapai rata-rata 65 pada siklus II rata-rata 85 mengalami peningkatan 20. Sedangkan pada ranah psikomotor pada siklus I mencapai 66 pada siklus II mencapai rata-rata 81 mengalami peningkatan 15. Dengan demikian dapat disimpulkan dengan penerapan model pembelajaran Think Paie Share media Automatic Narrated Animation dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa Kelas VII-A (SMP Nurul Ulum Mumbulsari Pokok Bahasan Ekosistem Tahun Pelajaran 2016/2017).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, Motivasi, Metode Think Pair Share, Media Automatic Narrated Animation.
Subjects: 300 Social Science > 370 Education
300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities
500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Biology Education (S1)
Depositing User: Rudi Setiawan
Date Deposited: 20 Jun 2019 03:19
Last Modified: 19 Sep 2019 09:43
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/1827

Actions (login required)

View Item View Item