Strategi Guru terhadap Kemampuan Berbahasa Anak di SPS Dahlia 64 Kalisat

Wahyuni, Iska (2023) Strategi Guru terhadap Kemampuan Berbahasa Anak di SPS Dahlia 64 Kalisat. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
A. PENDAHULUAN.pdf

Download (835kB)
[img] Text
B. ABSTRAK.pdf

Download (670kB)
[img] Text
C. BAB I.pdf

Download (802kB)
[img] Text
D. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (675kB) | Request a copy
[img] Text
E. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (668kB) | Request a copy
[img] Text
F. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (677kB) | Request a copy
[img] Text
G. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (685kB) | Request a copy
[img] Text
H. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (574kB) | Request a copy
[img] Text
I. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (653kB)
[img] Text
J. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
K. ARTIKEL.pdf
Restricted to Repository staff only until 2028.

Download (746kB) | Request a copy

Abstract

Wahyuni, Iska, 2023. Strategi Guru Terhadap Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini Di SPS Dahlia 64 Kalisat Tahun Ajara 2022-2023. Skripsi, Program Study Pendidikanguru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jember. Pemebimbing (1) Dra. Tri Endang Jatmikowati M.Si. (2) Angraeny Unedia Rachman, S.H.M.Pd. Kata Kunci : Kemampuan bahasa. Anak usia dini kemampuan bahasa reseptif merupakan kemampuan anak usia dini untuk dapat menceritakan kembali, mengikuti aturan dan melakukan perintah. Hal tersebut sangat penting dikarenakan hal tersebut akan memudahkan anak dalam berkomunikasi dan berinteraksi dengan lingkungan di sekitar serta menunjang proses pembelajaran yang dilakukan bersama guru.sedangkan kemampuan bahasa ekspresif adalah kemampuan untuk mengungkapkan keinginan dan perasaan anak serta menunjukkan sikap senang membaca yang mengacu pada simbol verbal maupun non verbal. Dimana bentuk komunikasi tersebut secara ucapan ataupun tulisan yang di gunakan oleh anak dalam bertukar pikiran, gagasan dan emosional. Masalah penelitian yang ingin di pecahkan melalui kegiatan adalah 1) bagaimanakah strategi guru terhadap kemampuan bahasa reseptif anak di SPS Dahlia 64 di Kalisat ; 2) bagaimakah strategi guru terhadap kemampuan bahasa ekspresif anak di SPS Dahlia 64 Kalisat. Penelitian bertujuan diantaranya: 1) untuk mengetahui strategi guru terhadap kemampuan bahasa reseptif anak di SPS Dahlia 64 Kalisat; 2) untuk mengetahui strategi terhadap kemampuan bahasa ekspresif anak di SPS Dahlia 64 Kalisat. Penelitian ini dilakukan pada bulan maret sampai april 2023 pada sekolah SPS Dahlia 64 Kalisat pada tahun ajaran 2022-2023. Jenis penelitian yang dilakukan adalah menggunakan kualitatif deskriptif,menggunakan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang di kumpulkan adalah berupa hasil wawancara pada semua guru, kegiatan anak di SPS Dahlia 64 Kaliasat. Hasil penelitiandiantaranya 1) tentang strategi yang dilakukan guru terhadap kemampuan bahasa reseptif yaitu melalui kegiatan pembiasaan, bercerita , mendengarkan dongeng dan menonton vidio, menggunakan APE yang menarik, melalui gerak dan lagu, melalui kegiatan kerjasama, memberikan kebebasan penuh dalam memilih kegiatan sehingga anak dapat bercerita tentang hal yang telah dilakukan, guru menyediakan buku bergambar, melalui kegiatan tanya jawab. Guru juga menjalin kedekatan dengan anak serta mengadakan kesepakatan. guru juga melakukan strategi dengan sering mengajak anak berbicara dan melibatkan anak dalan kegiatan misal meminta anak untuk mengambil atau meletakkan benda.2) tentang strategi terhadap kemampuan bahasa ekspresif adalah dengan memberikan kebebsan penuh pada anak dalam memilih kegiatan dan media sesuai dengan minat dan keinginan anak. Menyediaka buku-buku cerita bergambar yang menarik pada anak. Menyiapkan kegiatan yang menarik dan menyenangkan. melalui pendekatan komunikasi, melalui kegiatan dengan media yang menarik dan menyenangkan, sehingga anak lebih mudah ntuk mengekspresikan dan mengkomunikasikan pikiran dan saat berinteraksi dengan orang lain. Hal ini berarti dapat mengoptimalkan stimulasi dengan strategi guru terhadap kemampuan berbahasa anak di SPS Dahlia 64 Kalisat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan bahasa. Anak usia dini
Subjects: 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Early Childhood Education (S1)
Department: S1 Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: ISKA WAHYUNI
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDJatmikowati, Tri Endangnidn0029125901
UNSPECIFIEDRachman, Agraeny Unedianidn0727058001
Contact Email Address: Viqriska@gmail.com
Date Deposited: 29 Jul 2023 01:57
Last Modified: 29 Jul 2023 01:57
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/18449

Actions (login required)

View Item View Item