Nurwahyu, Seftyan Bagus (2016) Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share dengan Authentic Assessment untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Aktivitas Siswa (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas VIIIF Pokok Bahasan Kubus dan Balok SMP Negeri 1 Ajung Jember Tahun Pelajaran 2015/2016). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.
|
Text
ARTIKEL.pdf Download (107kB) | Preview |
|
Text
PENDAHULUAN.pdf Download (155kB) |
||
Text
ABSTRAKSI.pdf Download (34kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (28kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (48kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (139kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (297kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (36kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (33kB) |
||
Text
LAMPIRAN I.pdf Restricted to Repository staff only Download (95kB) |
||
Text
LAMPIRAN II.pdf Restricted to Repository staff only Download (941kB) |
||
Text
LAMPIRAN III.pdf Restricted to Repository staff only Download (83kB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini diantaranya adalah karena adanya dominasi guru sebagai akibat dari metode ceramah, kurangnya pengetahuan guru terkait dengan perkembangan model pembelajaran dan jarangnya siswa diminta untuk mengungkapkan alasannya dan menjelaskan secara lisan atau tulisan mengapa mereka memperoleh jawaban sehingga aktivitas siswa VIIIF SMP Negeri 1 Ajung Jember selama pembelajaran masih cenderung pasif. Selain itu penggunaan Authentic Assessment pada penelitian ini tidak hanya menilai apa yang diketahui siswa, tetapi juga menilai apa yang dilakukan siswa. Adapun Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana meningkatkan hasil belajar siswa setelah penerapan pembelajaran TPS dengan Authentic Assessment? (2) Bagaimana meningkatkan aktivitas siswa selama kegiatan pembelajaran TPS dengan Authentic Assessment?. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah penerapan pembelajaran TPS dengan Authentic Assessment. (2) Untuk mengetahui peningkatan aktivitas siswa selama kegiatan pembelajaran TPS dengan Authentic Assessment. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pelaksanaan penelitian pada tanggal 3 Mei hingga 21 Mei 2016 di kelas VIIIF SMP Negeri Ajung Jember. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi . Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh hasil belajar siswa meningkatkat selama menerapkan metode pembelajaran Think Pair Share dengan Authentic Assessment. Dimana pada siklus 1 persentase hasil belajar siswa sebesar 60,71% dan pada siklus 2 naik menjadi 89,28%. Aktivitas siswa meningkat setelah menerapkan metode pembelajaran Think Pair Share dengan Authentic Assessment. Hal ini dapat dilihat dari persentase ketuntasan belajar secara klasikal pada tes akhir siklus 1 yang menunujukkan angka 74,90% dan pada akhir tes siklus 2 meningkat menjadi 85,51%. Kesimpulan penelitian ini adalah metode pembelajaran Think Pair Share dengan Authentic Assessment terbukti dapat menjadi pilihan dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa. Hasil siswa semakin meningkat disetiap pertemuan dan aktivitas siswa yang diperoleh meningkat serta berhasil memenuhi kriteria ketuntasan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Think-Pair-Share (TPS), Authentic Assessment, Hasil Belajar, Aktivitas Siswa, Kubus dan Balok | |||||||||
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics | |||||||||
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1) | |||||||||
Department: | ["eprint_fieldopt_department_KODEPRODI84202#PENDIDIKANMATEMATIKA" not defined] | |||||||||
Depositing User: | Hendri UF | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Date Deposited: | 21 May 2019 02:34 | |||||||||
Last Modified: | 16 Nov 2019 01:25 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/1847 |
Actions (login required)
View Item |